Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Warna Pekan Mode

Kompas.com - 04/10/2010, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Selain pakaian wanita untuk musim semi/panas yang dipromosikan hingga awal Oktober, pekan mode juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengintip koleksi musim gugur dan musim dingin.

Seperti biasanya, urutan kota pertunjukkan adalah New York, pekan berikutnya London, diikuti Milan, dan Paris sebagai penutup. Hanya saja, pergelaran untuk musim gugur/dingin akan digelar di bulan Februari.

Untuk musim semi/panas 2011, sebagian besar perancang menampilkan warna-warna terang, menggantikan warna dasar hituam yang sering tampil dalam berbagai kondisi, termasuk dalam kondisi cuaca hangat. Beberapa dari mereka juga mengambil bunga sebagai pilihan motif, selain motif kotak-kotak dan garis-garis.

Di Milan Fashion Week, D&G memperlihatkan gaun-gaun bergaya santai dari bahan yang ringan dengan motif bunga. Penataa panggung acara yang dipenuhi bunga segar, membawa imajinasi penonton pada sebuah musim semi yang hangat.

Warna-warni bunga yang menjadi inspirasi dua desainernya, Domenico Dolce dan Stefano Gabbana, mewakili suasana liburan, momen di mana seseorang bisa melepaskan diri dari kesibukan hidup di kota besar dan impitan krisis ekonomi. "Inilah saatnya setiap orang menikmati waktu pribadi masing-masing," kata Gabbana.

Nuansa bunga tak hanya terlihat pada busana dan kartu undangan untuk pengunjung, tetapi juga hingga sepatu bot dan wedge heels yang dikenakan para model. Kicauan burung juga sering terlihat selama pertunjukkan.

Donatella Versace juga membawa pengunjung ke suasana liburan, melalui panggung yang ditata seperti di taman bermain. Selain warna menyala seperti kuning, merah, dan biru, Versace menyuguhkan warna turquoise (biru kehijauan) dan beige (krem kekuningan).

Tak seperti biasanya, Versace tidak menampilkan celana pendek untuk koleksi liburannya. Dia lebih banyak membuat gaun-gaun tanpa lengan berpotongan lurus dan sederhana, dengan detail geometris dari plastik.

Warna-warna lebih mencolok ditunjukkan melalui koleksi Prada, seperti oranye, ungu, hijau, dan biru. Sebagian besar di antaranya bermotifkan garis-garis horizontal dan vertikal.

Giorgio Armani, perancang yang telah berusia 76 tahun, memilih tema "Fancy Girl" untuk koleksi Emporio, label untuk orang muda. Pergelarannya itu disaksikan Pierre Sarkozy, putra Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, serta beberapa selebriti Hollywood.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com