Kebiasaan Minum Obat Batuk Sebelum Tidur

Kompas.com - 28/12/2010, 08:33 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter Intan Yth,

Saya mempunyai masalah kesulitan tidur. Setiap tidak bisa tidur, saya selalu mengonsumsi obat batuk setengah sendok. Apakah ini membahayakan kesehatan tubuh saya secara menyeluruh?

Efek apa yang akan saya dapatkan jika kebiasaan ini saya teruskan? Saya mengonsumsi obat batuk karena obat tersebut bisa membuat saya mengantuk setelah dikonsumsi. Mohon bantuannya. Terima kasih dokter atas jawabannya.

Ratna (28), Jakarta

JAWAB :

Mbak Ratna yang baik, memang beberapa obat mengandung antihistamin yang berefek sedasi (mengantuk). Tujuannya, selain menekan refleks batuk, juga memberikan kesempatan istirahat untuk pasien batuk. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat batuk jika tidak bisa tidur.

Konsultasikanlah hal ini lebih detail dengan dokter Anda. Pada prinsipnya, berkonsultasi akan jauh lebih baik karena berbagai macam hal dapat menyebabkan Anda tidak bisa tidur. Dengan begitu, kita dapat mengetahui pasti apakah penyebab masalah Anda tidak bisa tidur dan menemukan solusinya.

Saran saya, cobalah untuk melakukan aktivitas yang cukup pada pagi, siang, dan sore sehingga di malam hari tubuh akan merasa lelah dan bisa tidur. Seandainya tidak bisa, dokter akan mengatur pola tidur dengan bantuan obat, bisa berupa obat tidur ataupun obat antihistamin yang berefek tidur.

Minum obat batuk tidak dianjurkan karena zat yang dikandungnya banyak, bukan hanya obat tidur. Saya khawatir hal ini tidak rasional dan ditakutkan terjadi efek samping berbahaya yang ditimbulkan oleh obat lain yang terkandung dalam komposisi obat batuk tersebut. Semoga jawaban saya bisa membantu Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.