Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Anak Harus Segera Disunat

Kompas.com - 04/05/2011, 09:06 WIB

KOMPAS.com - Proses sirkumsisi atau sunat tidak selamanya dilakukan sesuai dengan rencana atau pun keinginan. Ada kalanya, kondisi atau kelainan tertentu membuat lelaki - khususnya anak-anak yang memang berencana disunat di usia tertentu  - harus menjalani prosedur sirkumsisi lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Kondisi paling umum yang mengharuskan anak segera melakukan sunat adalah kelainan yang disebut fimosis. Kondisi ini berupa terjadinya penyempitan dan pelengketan pada ujung kulit bagian depan penis sehingga kepala penis tidak bisa terbuka sepenuhnya.

"Fimosis itu penyempitan kulit penutup kepala penis. Jadi pada saat anak pipis, urinnya itu tidak keluar secara sempurna,  seperti kejepit, kata dr. Tony Yurizal BM, Medical Manager Rumah Sunatan, Selasa, (3/4/2011) di Jakarta.

Fimosis dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran hasil sekresi kelenjar kulup) di sekitar kepala penis. Penumpukan kotoran ini dapat memicu penyebaran berbagai bakteri yang menyebabkan infeksi dan peradangan.

Menurut  Tony, gejala yang ditimbulkan apabila anak mengalami fimosis umumnya adalah susah buang air kecil. Jika sudah seperti itu, salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan prosedur sirkumsisi. "Jadi dia harus disunat supaya pipisnya lancar," imbuhnya.

Fimosis, lanjut Tony, dapat terjadi  karena faktor kongenital (bawaan sejak lahir) atau pun akibat proses. Proses artinya terjadi akibat tidak pernah dibersihkannya ujung penis pada anak secara teratur.

Selain dua hal tersebut, lanjut Tony, fimosis juga bisa timbul karena faktor keturunan. "Berdasarkan penelitian, bahwa anak yang orang tuanya dulu seperti itu, biasanya berpengaruh juga pada turunannya," paparnya.

Bila tidak ditangani, fimosis dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing, dan infeksi pada kepala penis. Gejala yang tampak jika infeksi terjadi adalah kepala penis akan tampak membengkak dan meradang, serta rasa sakit ketika kencing.

"Fimosis itu suatu keadaan dan bukan penyakit. Suatu keadaan di mana kulitnya sempit jadi berpengaruh terhadap keluarnya urin," imbuhnya.

Makin belia, makin mudah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com