Asupan Zinc Berlebih Memicu Epilepsi

Kompas.com - 24/09/2011, 11:16 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Zinc (seng) adalah mineral penting yang terdapat pada hampir setiap sel. Riset terbaru menunjukkan seng memainkan peran kunci dalam meningkatakan memori seseorang. Tetapi harus diingat pula, asupan zinc yang berlebih justru dapat memicu serangan epilepsi.

Temuan ini dipublikasikan dalam Journal Neuron. Peneliti berkesimpulan, seng berperan penting dalam membentuk komunikasi antara neuron-neuron di bagian otak besar (hippocampus), yang merupakan pusat memori dan pembelajaran.

"Kami menemukan bahwa seng penting untuk mengontrol efisiensi antara dua populasi sel saraf di hippocampus, kata peneliti utama Dr James McNamara, dari Duke University Medical Center, North Carolina, AS.

Penelitian ini berdasarkan hasil uji coba pada tikus, dimana para ilmuwan menggunakan bahan kimia pengikat seng. Tanpa adanya mineral, komunikasi antara neuron pada otak tikus mengalami kerusakan. Meski begitu, McNamara mengakui masih sedikit temuan yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi zinc dengan peningkatan memori.

Disamping itu, McNamara juga memperingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati khususnya dalam mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc. "Diperlukan kehati-hatian dalam mengonsumsi zinc karena selain penting untuk memori, asupan zinc yang berlebih juga dapat mengembangkan serangan epilepsi,"katanya.

Zinc dapat ditemukan di berbagai macam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa makanan laut tertentu, padi-padian dan gandum, sereal dan produk susu. Namun, kandungan zinc paling banyak dapat  ditemukan pada tiram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.