Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Berwarna Coklat Lebih Sehat?

Kompas.com - 21/11/2011, 16:45 WIB

Kompas.com - Sebagai sumber protein yang murah telur ayam seharusnya menjadi salah satu bahan makanan yang rutin dikonsumsi. Cara mengonsumsi telur yang paling baik adalah memasaknya hingga matang karena terkadang telur mentah bisa mengandung bakteri salmonella.

Dalam memilih telur, banyak yang berpendapat telur yang berwarna lebih coklat lebih sehat. Namun pendapat tersebut ternyata keliru, kulit telur tidak ada hubungannya dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

"Telur yang berwarna lebih gelap atau putih memiliki nutrisi yang sama, karenanya tidak benar jika harganya dibedakan," kata Victoria Shanta Retelny, penulis buku The Essential Guide to Healthy Healing Foods.

Ia menambahkan, jika ingin mendapatkan kandungan nutrisi lebih dari telur, maka sebaiknya memilih telur yang diperkaya dengan asam lemak omega-3. Telur ini berasal dari ayam yang diberi makanan yang mengandung asam lemak. Di pasaran harga telur ayam seperti ini lebih mahal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com