Bahkan, Masturbasi Lebih Sehat daripada Sikat Gigi

Kompas.com - 02/01/2012, 17:54 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Istilah masturbasi atau onani mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Ya, ini merupakan salah satu aktivitas perangsangan seksual yang sengaja dilakukan pada organ kelamin untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan seksual.

Pro dan kontra terkait aktivitas ini pun masih tetap ada di masyarakat. Ada yang mengatakan tidak sehat dan berbahaya, ada pula mengatakan sebaliknya.

Namun, para ahli medis sejauh ini berkesimpulan, bahwa masturbasi sebagai kegiatan alami dan tidak berbahaya. Akan tetapi, baru menjadi masalah bila dilakukan secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan sehari-hari.

"Masturbasi merupakan bagian dari kehidupan seks yang sehat. Kegiatan ini benar-benar aman dan tidak berbahaya. Bahkan, ini lebih sehat daripada Anda menyikat gigi setiap hari," kata Gloria Brame, Ph.D., seorang ahli seksolog klinis.

Berikut adalah lima alasan yang menunjukkan, bahwa masturbasi atau onani juga memiliki sisi positif untuk kesehatan Anda, seperti dikutip MensHealth:

1. Mencegah kanker

Sebuah studi pada 2003 di Australia menemukan, bahwa pria yang mengalami ejakulasi lebih dari lima kali setiap minggu, sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker prostat.

2. Membuat Anda lebih "keras"

Semakin bertambah usia, maka secara alamiah kekuatan otot Anda akan menghilang. Seks teratur atau masturbasi akan melatih otot dasar panggul, sehingga mencegah disfungsi ereksi dan inkontinensia.

"Ini akan membuat Anda lebih terlihat gagah," kata Brame.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.