Peneliti: Suara Apa Pun Dapat Merusak Pendengaran

Kompas.com - 18/05/2012, 13:38 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Suara yang sepertinya tidak berbahaya ternyata memiliki dampak yang cukup merusak bagi pendengaran. Xiaoming Zhou dari East China Normal University dan Michael Merzenich dari University of California tengah menguji metode perusakan suara.

Biasanya perusakan oleh suara melibatkan pendengaran yang dapat mengukur apakah seseorang dapat mendeteksi suara samar atau tidak. Namun, studi terkini mengatakan bahwa suara apa pun dalam waktu yang panjang dapat merusak pendengaran.

Kedua peneliti itu menguji coba penemuan ini menggunakan tikus. Tikus percobaan diberi suara 65 desibel selama 10 jam, kemudian suasana hening selama 14 jam. Hal ini dilakukan selama dua bulan agar tikus dapat menyerap kebisingan tempat kerja dan tenangnya lingkungan.

Hasilnya, tikus percobaan lebih lambat secara signifikan dalam membedakan suara jika dibandingkan dengan tikus yang belum masuk proses uji coba. Tikus tersebut juga memiliki aktivitas yang lebih sedikit di otak mereka dalam menanggapi rangsangan suara.  

"Tingginya tingkat suara yang merusak pendengaran, tetapi suara dalam level medium tidak akan merusak. Inilah kenapa kerusakan belum bisa dideteksi pada penelitian sebelumnya," papar Zhou. (Arief Sujatmoko/Newscientist)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.