Kompas.com - 14/07/2012, 09:33 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Produk-produk perawatan kulit dan kecantikan sudah menjadi bagian dari hidup kita, namun kaum wanita diimbau untuk mewaspadai kandungan zat kimia yang terkandung dalam produk kosmetik. Meski jauh dari kesimpulan, tapi ada dugaan beberapa zat kimia dalam kosmetik akan meningkatkan risiko diabetes.

Peningkatan konsentrasi zat kimia yang disebut phthalates dalam tubuh perempuan disebut-sebut terkait denganrisiko diabetes. Phthalates adalah zat kimia yang dalam konsentrasi cukup tinggi di dalam tubuh bisa menganggu hormon. Zat kimia ini umum digunakan dalam berbagai produk seperti sabun, parfum, semprotan rambut (hair spray), cat kuku dan pelembab. Selain itu, aneka produk lain seperti elektronik, mainan anak dan perekat juga memakai phthalates.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspective, peneliti menganalisis konsentrasi phthalates dalam urin 2.350 perempuan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa wanita dengan tingkat tertinggi mono-benzil phthalate dan mono-isobutil ftalat risikonya dua kali lebih tinggi terkena diabetes.

Wanita yang lebih tinggi tingkat mono-(3-carboxypropyl) phthalate memiliki peningkatan risiko diabetes sebesar 60 persen, dan mereka dengan tingkat yang cukup tinggi dari bahan kimia mono-n-butyl ftalat dan di-2-etilheksil phthalate beresiko sampai 70 persen.

Riset tersebut dipimpin oleh Tamarra James-Todd, seorang peneliti dari divisi kesehatan perempuan di Brigham and Women Hospital, Boston. "Ini merupakan langkah pertama yang penting dalam mengeksplorasi hubungan antara phthalates dan diabetes," katanya.

Ia menjelaskan, phthalates juga ada di beberapa jenis peralatan medis dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes. Sehingga ini bisa menjelaskan mengapa ditemukan phthalates lebih tinggi pada wanita dengan diabetes. "Jadi secara keseluruhan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut," jelasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.