Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Perlu Antisipasi Cuaca

Kompas.com - 12/08/2012, 15:17 WIB

Jakarta, Kompas - Pemudik perlu mengantisipasi kondisi cuaca selama dalam perjalanan menuju kampung halaman. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, untuk jalur pantai utara hingga sebulan ke depan suhunya mencapai 32-33 derajat celsius.

Data dari posko BMKG yang dihimpun Kompas, Sabtu (11/8), menyebutkan, potensi untuk terjadinya hujan sangat kecil. BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia baru diguyur hujan mulai Oktober mendatang.

Namun, beberapa wilayah pada bulan ini sudah memasuki masa musim hujan. Wilayah yang masuk musim hujan pada Oktober mendatang, antara lain, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Maluku.

Adapun wilayah yang masuk musim hujan bulan ini adalah sebagian wilayah Sumatera.

Sebelumnya, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Widada Sulistya mengingatkan, kondisi cuaca yang panas lebih berisiko dibandingkan dengan hujan.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, kondisi cuaca yang panas bisa menjadi risiko, terutama bagi mereka yang membonceng perempuan dan anak-anak.

Kepala Kepolisian Resor Cilegon Ajun Komisaris Besar Umar Surya Fana juga mengatakan, pemudik yang menggunakan sepeda motor diimbau agar memperkirakan waktu tiba di Merak pada sore atau malam hari.

”Cuaca di Merak sekarang sedang panas-panasnya. Sementara untuk pemberangkatan sepeda motor setiap setengah jam hanya 250 motor yang bisa diseberangkan. Kami memang menyediakan tenda untuk pengguna sepeda motor yang mengantre. Tenda itu bisa menaungi 2.000-2.500 sepeda motor. Namun, dengan kondisi cuaca yang panas, tentu saja menjadi tidak nyaman,” katanya.

Hari Sabtu, kondisi di Pelabuhan Merak masih normal, belum ada lonjakan penumpang kapal penyeberangan yang signifikan.

”Kami perkirakan puncak arus mudik terjadi pada Kamis,” ujar General Manager PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak Supriyanto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com