Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Tubuh terhadap Serangan Stroke

Kompas.com - 10/10/2012, 04:18 WIB

Oleh: Christie Damayanti
Kompasiana: christiesuharto

Sudah banyak penulis ataupun pembicara yang menguraikan tentang penyakit stroke, dari tanda-tanda awal sampai pengobatan. Aku pun tidak henti-hentinya menyosialisasikan stroke karena aku tidak mau ada yang mengalaminya—seperti aku sekarang.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan tanda peringatan dari tubuh yang menjurus ke serangan stroke?

1. Kesemutan separuh atau seluruh tubuh, mulai dari ujung jari kaki atau tangan. Makin lama makin ke atas, makin lama makin berat.

2. Secara perlahan mengalami susah berpikir dan berbicara, serta mengalami kebingungan yang amat sangat. Kepala pun mendadak pusing dan berputar (vertigo).

3. Mengalami penglihatan ganda atau penglihatan buram, sampai akhirnya pandangan gelap disertai pusing.

4. Mendadak hilang keseimbangan serta tidak bisa berjalan lurus sehingga orang itu tampak mau jatuh.

5. Mendadak pusing tanpa tahu sebabnya.

Sebenarnya, beberapa tanda peringatan di atas bukan mendadak, melainkan selalu! Aku selalu mengalami pusing tanpa tahu sebabnya, bahkan sejak duduk di bangku SMP.

Aku sering mengalami penglihatan ganda, padahal jika aku memeriksakan diriku di optik atau dokter mata, mataku tidak bermasalah. Dibandingkan dengan usiaku saat ini, jika aku memeriksakan kesehatan mataku sekarang, aku hanya minus (-) ½ dan plus (+) 1,5.

Dua dari lima tanda peringatan di atas merupakan gejala awal stroke-ku. Selain itu, sejak tahun 2007, aku sudah divonis menderita penyakit darah tinggi akut. Ditambah lagi dengan gaya hidupku yang sangat riskan.

Aku sering makan tidak teratur dan makan makanan berkolesterol tinggi. Hidupku juga terbentur dengan kerja keras sebagai arsitek proyek dengan tenggat waktu yang ketat.

Tanda-tanda sebuah penyakit sebenarnya sudah bisa dideteksi awal dalam tubuh kita. Masalahnya, banyak dari kita yang tidak memedulikannya. [http://kom.ps/ACWaxY]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com