Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Solusi Kreatif Jokowi

Kompas.com - 16/10/2012, 05:39 WIB

Jakarta, Kompas - Berbagai pihak menyampaikan harapan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama. Keduanya diharapkan mampu menawarkan solusi kreatif atas persoalan yang selama ini membelit Ibu Kota.

Posisi gubernur dianggap strategis sebagai penentu pembangunan Jakarta. Saat pelantikan Jokowi dan Basuki, Senin (15/10), Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, sekarang saatnya untuk menatap ke depan dan menyelesaikan masalah kompleks yang melanda Jakarta.

”Jakarta merindukan transportasi yang lancar dan bebas macet, bebas dari banjir, pengendalian penduduk dan permukiman yang layak, lingkungan yang lebih asri dan sarana bermain yang memadai, pendidikan yang lebih maju, dan rasa aman dari gangguan kejahatan dan gangguan kamtibmas, termasuk tawuran,” ujarnya.

Gubernur baru juga dihadapkan pada persoalan lapangan kerja, pengentasan rakyat miskin, dan derasnya arus urbanisasi. Sebagai kota jasa dan perdagangan, warga berharap bisa mendapatkan kepastian dalam pelayanan pembiayaan, waktu pengurusan, dan keramahan dalam melayani urusan perizinan.

Kendati demikian, berbagai persoalan itu tidak semestinya hanya dibebankan kepada gubernur dan wakil gubernur. Tanggung jawab yang diemban Jokowi-Basuki lebih besar daripada sebelumnya. Partisipasi aktif warga sangat diharapkan untuk menyukseskan program kerja keduanya.

”Sering kali ketika kinerja (pemimpin) berhasil, kita tidak memberikan apresiasi, sementara ketika gagal, semua lantas menunjuk-nunjuk pemimpin,” kata Gamawan.

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pemimpin yang baru menuju Jakarta yang lebih sejahtera. Menurut dia, gubernur dan DPRD adalah mitra sejajar untuk membangun Jakarta yang lebih sejahtera dan nyaman.

”Jakarta tidak lagi membutuhkan pemimpin yang hanya berdasarkan rasionalitas, tetapi lebih memperhatikan masyarakat. Gubernur harus tahu benar kondisi lingkungan kerja dan masyarakat agar bisa mengakomodasi aspirasi mereka dan menindaklanjuti lewat program-program,” katanya.

Tatap muka

Ribuan orang yang berkerumun di Jalan Kebon Sirih, juga menanti tatap muka langsung dengan Jokowi-Basuki. Sekitar pukul 12.30, Jokowi-Basuki menyapa pendukungnya dari atas panggung yang sudah disiapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com