Virus Baru Mirip SARS Tewaskan Dua Orang

Kompas.com - 26/11/2012, 10:48 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - WHO melaporkan kematian kedua akibat virus baru penyakit pernapasan yang mirip dengan virus SARS. Kedua kematian itu di Arab Saudi. Sebelumnya ada tiga kasus yang juga disebabkan oleh virus serupa sehingga total kasusnya menjadi enam.

Seluruh kasus tersebut terkait dengan Saudi Arabia atau Qatar. Satu pasien sudah menjalani pengobatan di Inggris. Kendati begitu dokter memastikan virus ini tidak menyebar antar manusia.

Coronavirus adalah kelompok virus yang jadi penyebab berbagai penyakit pernapasan, mulai dari flu biasa sampai SARS (severe acute respiratory syndrome). Kelompok virus ini juga menginfeksi berbagai hewan.

Pada tahun 2002 wabah SARS coronavirus menewaskan sekitar 800 orang setelah menyebar dari Hong Kong ke lebih dari 30 negara di seluruh dunia.

WHO masih berusaha untuk mengidentifikasi virus ini berasal. Studi menunjukkan bahwa virus ini memiliki keterkaitan erat dengan yang ditemukan pada beberapa spesies kelelawar.

Menurut laporan WHO virus ini bisa menyebar ke berbagai Negara, bukan hanya Arab Saudi dan Qatar, sehingga perlu diwaspadai.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X