Kompas.com - 11/01/2013, 08:20 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Para ilmuwan yang mempelajari gangguan pendengaran mengatakan mereka menemukan potensi pengobatan tuli yang terjadi akibat terpapar suara bising.

Para peneliti Amerika Serikat -dalam temuan yang diterbitkan dalam jurnal Neuron- mengatakan mereka mengembangkan obat yang dapat menstimulasi regenerasi sel bulu sensor pada tikus.

Walaupun langkah itu masih pada tahap awal, para ilmuwan menyebut temuan tersebut merupakan langkah maju yang dapat membuka jalan menangani masalah pendengaran akut pada manusia.

Gangguan pendengaran seperti ini biasanya terjadi pada para pemusik rock dan juga DJ dan sebelumnya dianggap tidak bisa diobati. Masalah ini terjadi pada sekitar 250 juta orang di seluruh dunia.

Dalam penelitian terhadap tikus, para ilmuwan berhasil memulihkan pendengaran binatang itu akibat suara bising.

Mekanisme pendekatan sama

Bulu sensor pada telinga -yang menyampaikan pesan ke otak- merupakan hal penting dalam pendengaran. Tanpa bulu sensor, proses pendengaran terganggu karena tidak ada sinyal yang diterima otak.

Ketua tim peneliti Dr Albert Edge dari Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, Amerika Serikat mengatakan, "Kami menemukan bahwa bulu sensor dapat tumbuh kembali melalui sel di seputar selaput telinga."

"Pendekatan seperti ini dapat membuka jalan pengobatan seseorang yang mengalami gangguan pendengaran karena mekanisme pendengaran ini sama seperti banyak pasien," kata Dr Edge.

"Matinya atau rusaknya bulu sensor inilah yang menyebabkan gangguan. Jadi, tergantung dari tingkat gangguan pendengaran, pengobatan yang bisa dilakukan tentu akan berbeda," tambahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.