Golongan Darah AB Rentan Pembekuan Darah

Kompas.com - 05/02/2013, 15:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Waspadalah jika Anda memiliki golongan darah AB. Penelitian menegaskan kaitan antara golongan darah ini dengan peningkatan risiko pembekuan darah, sebuah kondisi yang berbahaya, bahkan mengancam nyawa.

Pembekuan darah yang terbentuk di pembuluh darah vena di kaki bagian bawah bisa berbahaya karena dapat pecah dan menyumbat pembuluh darah kecil di paru sehingga memblokir aliran darah. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat, sulit bernapas, bahkan kematian jika pasokan darah terganggu.

Duduk pasif dalam waktu yang lama, misalnya duduk belasan jam di pesawat, berdiam di tempat tidur setelah operasi besar, atau dehidrasi bisa menyebabkan bekuan darah.

Setiap tahunnya 2 juta orang di seluruh dunia mengalami bekuan darah dan 200.000 orang meninggal mendadak karena kondisi ini. Bekuan darah yang menyumbat pembuluh vena disebut juga dengan venous thromboembolism (VTE) atau sindroma penumpang pesawat kelas ekonomi.

Faktor genetik dianggap berperan besar terhadap risiko bekuan darah. Salah satunya adalah faktor mutasi gen yang disebut juga dengan Factor V Leiden dan adanya agen bekuan darah, yakni prothrombin.

Faktor lain yang diduga berperan adalah golongan darah. Orang yang memiliki golongan darah AB memiliki risiko 4 persen lebih besar mengalami bekuan darah dibandingkan dengan orang bergolongan darah O.

Kesimpulan itu dihasilkan setelah melakukan analisa terhadap 66.001 orang di Denmark yang diikuti sejak tahun 1977 sampai 2001.

Diketahui pula orang yang memiliki Factor V Leiden risiko terjadinya bekuan darah naik tujuh kali lipat. Sementara orang yang memiliki mutasi prothrombin risikonya naik 11 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami faktor genetik.

Golongan darah AB adalah golongan darah yang memiliki faktor A dan B di sel darah merah sehingga meningkatkan level von Willerand. Tingginya konsentrasi level ini akan memicu bekuan darah.

Memang tidak semua orang yang punya golongan darah AB akan mengalami bekuan darah. Tetapi golongan darah adalah petunjuk yang mudah dikenali dalam identifikasi siapa yang paling beresiko VTE.

Untuk mencegah bekuan darah, pastikan cukup mengonsumsi air dan lakukan peregangan secara teratur pada otot-otot kaki, terutama jika Anda berada dalam perjalanan yang lama.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X