4 Jenis Vaksin untuk Orang Dewasa

Kompas.com - 22/05/2013, 15:42 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Seperti halnya imunisasi pada anak-anak, imunisasi pada orang dewasa juga bertujuan untuk mencegah penularan penyakit. Tetapi banyak orang yang belum menyadari pentingnya melakukan vaksinasi.

Kendati belum menjadi program wajib layaknya vaksin pada anak, sebenarnya orang dewasa juga perlu diimunisasi. Dengan vaksinasi, tubuh akan terlindungi sampai 80 persen. "Kendati masih mungkin menderita penyakit, namun perjalanan penyakitnya tak separah seperti orang yang belum divaksin," kata Dr.Iris Rengganis, Sp.PD anggota Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia.

Secara umum terdapat empat jenis vaksin yang sebaiknya dilakukan orang dewasa (berusia di atas 18 tahun).

1. Vaksin Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan virus yang menyerang liver dan menyebar lewat kontak oral dan lingkungan yang tidak bersih. Vaksin Hepatitis A akan membantu tubuh memproduksi antibodi untuk bertahan dari gempuran penyakit ini.

Penyuntikan dilakukan 2 kali dengan jarak 6 bulan daya tahan vaksin dalam tubuh sekitar 20 tahun. "Bagi yang bekerja di industri makanan disarankan menggunakan sarung tangan khusus, supaya tidak menularkan atau menyebarkan hepatitis A pada konsumen," kata Iris.

2. Vaksin Hepatitis B

Penyakit ini hampir sama dengan hepatitis A. Namun penyakit ini menular lewat transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi bersama. Penyakit ini juga bisa menular dari ibu hamil ke janin. Pada janin yang lahir dengan ibu hepatitis B, akan segera disuntik vaksin sehingga antibodi dalam tubuhnya bisa segera terbentuk.  Vaksin ini diberikan tiga kali dengan jarak 1 dan 6 bulan.

"Walaupun sudah pernah disuntik saat kecil tidak ada salahnya mengulang, karena daya tahan vaksin berkisar 20 tahun," kata Iris.

3. Vaksin Pneumonia

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X