Kompas.com - 30/05/2013, 12:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA :

Dokter saya mau bertanya soal gigi geraham saya nomor 2 yang mengalami fluorosis. Sedikit-sedikit pecah atau cuwil kalau bahasa Jawanya, dan lama-lama berlubang sehingga menyebabkan sakit yang luar biasa.

Yang menjadi pertanyaan saya ; 1. tindakan perawatan apa yang harus saya lakukan mengingat penyakit flourosis tadi 2. Apakah gigi geraham saya harus dicabut karena sudah berlubang besar? 3. Agar gigi saya bisa sehat apa yang harus saya lakukan selain pergi ke dokter gigi dan menyikat gigi dengan baik serta menjaga pola makan yang benar? Demikian pertanyaan saya terima kasih.  
(Petrus Heru Setiawan, 173cm, 90 kg, 31 tahun, Magelang)

JAWAB:

Bapak Petrus yang baik,

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai fluorosis gigi. Fluorosis gigi adalah adanya peningkatan porositas pada email gigi yang berbanding lurus dengan paparan fluor yang didapatkan oleh gigi sepanjang masa pembentukannya. Secara klinis, porositas yang terjadi pada email gigi terlihat berupa gambaran bercak putih.

Penyebab fluorosis gigi adalah in-take fluor yang berlebihan pada gigi saat masa pembentukannya, yang didapat melalui fluoridasi air minum, pasta gigi, fluor yang dioleskan ke gigi, obat kumur yang mengandung fluor, atau fluor yang tertelan.

Pada dasarnya, fluor diperlukan untuk mencegah gigi berlubang, dengan catatan kandungannya harus optimal. Jika kandungan fluor yang diterima oleh gigi kita berlebihan, maka bukan manfaat yang diperoleh, namun kerugian yang akan didapat.

Menurut Journal of Evidence Based Dental Practice pada bulan September tahun 2005, peningkatan terjadinya gigi berlubang sejalan dengan tingkat keparahan fluorosis gigi.

Berdasarkan hal diatas, untuk menghindari terjadinya fluorosis gigi adalah dengan mengurangi dosis fluor pada air minum, menggunakan pasta gigi yang tidak berfluor atau dosis fluornya seminimal mungkin bagi anak-anak, begitupun orang dewasa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor maksimal 1000 ppm, dan menghindari tertelannya fluor ke dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.