Kompas.com - 14/09/2013, 17:43 WIB
|
EditorWardah Fazriyati

KOMPAS.com - Kebersihan gigi susu akan memengaruhi kesehatan anak secara keseluruhan. Gigi yang baik memudahkan anak mengunyah berbagai asupan pangan, sehingga memudahkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya. Karenanya kebersihan gigi susu tidak boleh diremehkan. Gigi susu yang terawat dengan baik juga akan memengaruhi kesehatan gigi permanen anak di masa mendatang.

"Orangtua bisa memilihkan pasta dan sikat gigi mana yang cocok untuk anak. Lalu perlahan orangtua bisa mengajarkan anak bagaimana cara membersihkan giginya sendiri," kata dokter gigi anak, drg Ika Anisyah SpKGA dari RSIA Evasari, pada Sabtu (14/9/2013).

Kepada Kompas.com, dr Ika menjelaskan cara membersihkan dan menjaga kesehatan gigi susu, di antaranya:

1. Pilih pasta gigi berfluoride.
Kandungan fluoride akan menggantikan mineral yang hilang dan mencegah kebusukan gigi. Dalam satu botol pasta gigi anak terkandung 500 sampai 1.000 ppm fluoride.

Namun, orangtua perlu berhati-hati dalam menggunakan pasta gigi berfluoride untuk anak. Jangan sampai anak terpapar apalagi menelan fluoride dalam jumlah berlebihan.

Kelebihan fluoride akan menyebabkan fluorosis, yaitu gigi menjadi lebih rapuh. Kelebihan fluoride juga bisa menyebabkan keracunan yang ditandai mual, muntah, dan kejang. Bahkan, keracunan fluoride bisa menyebabkan kematian apabila dosisnya mencapai 2-5 gram.

Agar penggunaan pasta gigi berfluoride tidak membahayakan si kecil, orangtua perlu memastikan anak sudah memiliki kemampuan menggunakan pasta gigi. Dalam hal ini, usia anak menjadi tolak ukurnya.

"Penggunaan pasta gigi dimulai sejak usia anak tiga tahun. Karena saat itu anak sudah bisa kumur dan meludah," kata dr Ika.

Pada usia ini, anak memiliki kemampuan menggunakan pasta gigi sehingga bisa mencegah risiko tertinggalnya sisa pasta gigi dalam rongga mulut, juga mencegah dari kemungkinan tertelannya fluoride.

2. Pilih sikat gigi yang tepat.
Pemilihan sikat gigi sebaiknya sesuaikan dengan usia anak. Untuk usia 0-12 bulan orangtua bisa memilih sikat gigi yang disangkutkan di jari telunjuk. Sikat gigi ini memiliki bulu halus, dan memudahkan orangtua membersihkan gigi anak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.