Kompas.com - 06/12/2013, 09:44 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Assalammualaikum wr. Wb. Dok, beberapa hari yang lau saya melakukan medical check up, dan menurut dokter di sana ada masalah dibagian ginjal. Saya dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter yang lebih kompeten dibidang itu. Setelah ke dokter spesialis ginjal tersebut, katanya dokter  saya mengalami penyakit batu ginjal bahkan gagal ginjal. Fungsi ginjal saya hanya tinggal 15 persen. Saya hanya dianjurkan lagi untuk melakukan CT Scan . Saya tidak diberikan obat sama sekali. Setahu saya penyakit gagal ginjal ciri- cirinya yang paling mencolok yaitu sakit pada pinggang. Tapi saya tidak pernah merasakan sakit tersebut. Ciri lainnya nya juga yaitu perubahan pada warna air seni. Warna air seni saya pun masih normal seperti biasa dok. Saya juga penderita asam urat dan pekerjaan saya sehari- harinya sebagai sopir. Saya awam mengenai dunia kesehatan dok. bagaimana dengan penyakit saya itu, apa sudah termasuk penyakit yang masih bisa disembuhkan?

(Sukardi, 48  tahun, 175 cm, 80 kg, Makassar)


JAWAB :

Pak Sukardi yth

di Semarang.

Melihat hasil pemeriksaan fungsi ginjal BPK hanya tinggal 15 persen, dan kalau itu benar, dan sudah berlangsung selama 3 bulan, bapak memang sudah mengalami penyakit ginjal kronis stadium 5 atau gagal ginjal.

Nyeri pinggang, dikenal dengan nyeri kolik tidak harus terjadi pada penyakit gagal ginjal kronis. Gejala, keluhan, atau tanda pada penyakit ginjal kronis biasanya baru muncul bila Laju Filtrasi Ginjal kurang dari 30 persen.

Gejala dikenal dengan tanda uremia seperti anemia, hipertensi, mual, muntah, gatal-gatal pada kulit, letih, lemah, tidak ada nafsu makan, penurunan berat badan dll. Sebelum tanda uremia ini muncul bisa juga muncul keluhan seperti sering buang air kecil malam hari (nokturia), mual, muntah, mudah lelah, tidak ada nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Mengenai urin, pada penyakit gagal ginjal kronis, jumlah urin total selama 24 jam, biasanya menurun, bahkan ada yang sampai tidak ada produksi urin sama sekali. Dan, pada tahap awal urin biasanya berbusa karena banyak mengandung protein.

Obat memang tidak harus diberikan, kecuali ada penyakit dasar lain seperti hipertensi, diabetes melitus, infeksi dan sebagainya. Tetapi, untuk bisa mempertahankan fungsi ginjal saya sarankan Anda berhenti merokok, membatasi asupan protein, menghindari obat-obat yang dapat memperburuk fungsi ginjal, misalnya obat penghilang nyeri, obat rematik yang mudah didapatkan di luar, dan kemungkinan beberapa herbal.

Penyakit ginjal kronis bersifat irreversible, tidak bisa menjadi normal kembali, yang bisa dilakukan adalah  mempertahankan fungsi ginjal sisa yang masih ada. Untuk itu saya sarankan bapak berkonsultasi kembali dengan dokter penyakit dalam konsultan ginjal-hipertensi, mengikuti saran-saran yang beliau berikan

Wassalamualaikum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.