Kompas.com - 02/05/2014, 10:20 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 


KOMPAS.com -
Keguguran merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita yang mendambakan momongan, apalagi jika keguguran terjadi lebih dari sekali.

Henry Lerner, MD, penulis buku Miscarriage: Why It Happens and How Best to Reduce Your Risks, mengatakan, keguguran tidak memengaruhi kemampuan perempuan untuk hamil. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mencoba program kehamilan kembali setelah mengalami keguguran.

Namun sebagian wanita mungkin khawatir mengalami hal yang sama jika mereka kembali hamil. Untuk menentukan aman atau tidaknya kehamilan, yang perlu diperhatikan adalah kondisi wanita sebelum memulai kembali program kehamilan.

Kondisi setiap wanita tentu berbeda, namun ada faktor-faktor yang bisa membantu Anda mengenali risiko kehamilan yang akan dijalani.

1. Penyebab keguguran
Mengetahui penyebab keguguran membantu langkah dan terapi yang harus dilakukan sebelum mempersiapkan kehamilan selanjutnya. Hamil tanpa menjalani terapi penyebab keguguran hanya akan meningkatkan risiko keguguran lainnya.

2. Saran medis
Banyak fasilitas kesehatan yang dapat membantu mendiagnosis alasan keguguran, sehingga penting bagi wanita yang mengalami keguguran untuk meminta saran pada dokter sebelum memulai program kehamilan.

3. Tingkat kebugaran
Kebugaran fisik merupakan faktor penting yang menentukan aman atau tidaknya menjadi hamil kembali. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan tingkat kebugaran tubuh.

4. Jumlah keguguran
Mengetahui frekuensi keguguran juga termasuk faktor penting yang menentukan keamanan kehamilan setelah keguguran. Jika mengalami dua keguguran pada trimester yang sama, kemungkinan untuk mengalami hal yang sama kembali semakin besar.

5. Ketahui komplikasi
Saat ragu-ragu memulai program kehamilan, mengetahui komplikasi yang mungkin terjadi bisa jadi solusi. Risiko komplikasi, seperti pendarahan atau plasenta previa, wajib diketahui agar kehamilan berjalan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.