Kompas.com - 18/05/2014, 11:36 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rasa panik karena rambut terus menerus rontok sering membuat kita mencoba berbagai jenis produk perawatan rambut. Padahal, bisa jadi penyebabnya adalah asupan nutrisi yang kurang, terutama makanan yang mengandung zat besi.

Penelitian menunjukkan, orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki cadangan zat besi lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang rambutnya sehat. Anemia juga terkait dengan kerontokan rambut.

Kendati demikian, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen zat besi. Menurut Iron Disorders Institute, kelebihan zat besi bisa bersifat toksik dan bisa memicu lebih banyak rambut rontok.

Zat besi adalah mineral dalam tubuh yang terutama ditemukan dalam hemoglobin, protein pembentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh sel tubuh. Dokter akan mengetahui apakah kita menderita anemia atau tidak dengan mengecek kadar hemoglobin. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, lebih disarankan mendapatkannya melalui makanan ketimbang suplemen. Zat besi yang kita butuhkan setiap hari sekitar 8 miligram untuk pria berusia di atas 18 tahun dan 18 miligram untuk wanita berusia di atas 18 tahun. Pria dan wanita berusia di atas 50 tahun disarankan mengonsumsi 8 mg zat besi setiap hari.

Makanan sumber zat besi terbagi menjadi dua jenis, yakni zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi heme ditemukan pada sumber hewani seperti daging, ayam, tuna, dan daging kalkun. Zat besi ini lebih gampang diserap tubuh.

Sementara itu zat besi non-heme ditemukan pada tanaman seperti kacang-kacangan, bayam, serta sereal yang difortifikasi. Vitamin C dan protein daging akan meningkatkan penyerapan kalsium ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber Fitday
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X