Kompas.com - 19/06/2014, 11:21 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Popok sekali pakai seringkali menjadi andalan orangtua saat mengajak bayinya berpergian atau tidur malam. Bayi yang memakai popok sekali pakai juga cenderung tidur lebih lama karena mereka tak sering terbangun akibat popoknya basah karena mengompol.

Menurut dokter ahli tumbuh kembang anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rini Sekartini, kualitas tidur adalah hal penting yang harus didapat bayi untuk menunjang perkembangan otak yang optimal. Apalagi bayi sangat mudah terbangun jika merasa tidak nyaman.

"Tidak nyamannya tidur bayi bisa dikarenakan popoknya yang basah karena urine," ujarnya dalam dalam talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Meski popok sekali pakai bisa membuat waktu tidur bayi lebih lama, namun bukan popok ini dipakai sepanjang hari. Saat sedang aktif bergerak pada waktu siang atau udara cenderung panas, justru popok kainlah yang terbaik untuk digunakan.

"Biarlah sesekali kulit bayi bernapas. Apalagi saat aktif bergerak, supaya gerakan dia bisa lebih leluasa," papar Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini.

Penggunaan popok sekali pakai yang terus menerus tanpa jeda juga dikhawatirkan akan menimbulkan ruam pada kulit bayi yang masih sensitif. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.