Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2014, 13:01 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin hampir setiap orang pernah lupa apa yang hendak dikatakan saat telepon Anda tiba-tiba berdering atau bel pintu berbunyi. Secara medis, ini disebut sebagai penurunan kemampuan kognitif minimal dan terjadi karena hilang ingatan jangka pendek. Lantas bila kerap mengalaminya, apakah itu merupakan tanda-tanda dari demensia atau pikun?

Menurut Dr KK Aggarwal, Presiden Heart Care di India, penurunan kemampuan kognitif minimal tidak selalu berakhir dengan penyakit demensia dan Alzheimer. Sebaliknya, kondisi itu mungkin berhubungan dengan kekurangan vitamin B12 atau penyusutan otak terkait usia.

"Namun bila kondisi ini sudah mulai menganggu kehidupan sehari-hari, maka perlu segera dikonsultasikan pada pakarnya sedini mungkin," tandas Aggarwall.

Untuk mengecek apakah seseorang mengalami demensia atau penurunan kemampuan kognitif,  ada tes sederhana yaitu dengan melakukan pengurangan angka 100 dengan tujuh terus menerus. Misalnya 100-7=93, 93-7=86, dan seterusnya. Orang dengan demensia tidak dapat melakukannya.

Tanda lainnya seseorang mengalami demensia adalah tidak mampu untuk membaca dan menulis secara tepat. Pasalnya mereka seringkali kesulitan dalam menemukan kata yang tepat.

Selain itu, orang dengan demensia juga biasanya kesulitan dalam menganalisa secara spasial. Mereka sulit menentukan benda mana yang letaknya lebih dekat dan lebih jauh.

Memang, menurut Aggarwall, kekurangan vitamin B12 jdengan demensia memiliki beberapa kesamaan. Faktanya, di India kekurangan vitamin B12 sangat umum terjadi, khususnya pada vegetarian. Pasalnya vitamin B12 hanya ditemukan pada produk hewani, misalnya daging, telur, ikan, dan daging ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com