Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2014, 10:36 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Membentuk pola makan sehat seperti mengurangi kadar garam dari masakan tidak harus menjadikan makanan terasa hambar. Tambahan rempah-rempah akan membuat rasa masakan lebih kuat sehingga mampu memanjakan lidah. Belum lagi bumbu alami ini dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut sebagian daftar rempah-rempah yang dapat ditambahkan ke dalam makanan, yang selain dapat memperkaya rasa masakan juga menyehatkan tubuh.

1. Ketumbar
Peneliti asal Portugis menemukan, minyak ketumbar memiliki kemampuan untuk memusnahkan bakteri penyebab infeksi, seperti E. coli atau Salmonella. Mereka mengungkapkan, kandungan dalam minyak ketumbar dapat membunuh bakteri dengan cara merusak membran selnya.

2. Jintan
Banyak rempah-rempah yang tercatat kaya akan antioksidan, namun beberapa dipercayai dapat membantu menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Nilai ORAC atau nilai yang menjadi pengukuran antioksidan pada biji jintan mencapai 50.372 untuk 100 gram biji.

3. Kunyit
Kunyit mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Untuk 100 gram kunyit, nilai ORAC-nya mencapai 127.068. Penelitian dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center juga mengungkapkan, kunyit mengandung pigmen yang memberinya warna kuning yang disebut kurkumin. Pigmen itu bermanfaat untuk mencegah kanker payudara.

4. Lada hitam
Lada hitam banyak difavoritkan untuk menjadi bumbu tambahan masakan. Tak hanya rasanya yang sedap, lada hitam juga memberikan manfaat kesehatan. Studi membuktikan, lada hitam dapat mencegah kanker payudara, menghambat pembentukan sel lemak sehingga membantu melawan obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+