Kompas.com - 09/09/2014, 18:46 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua kebiasaan baik yang dilakukan sejak usia muda biasanya akan terus bertahan hingga usia dewasa, bahkan lanjut usia. Tak terkecuali olahraga. Sayangnya, satu dari empat orang berusia 20-24 tahun ternyata kurang olahraga.

Olahraga memang kerap dianggap sebagai kegiatan yang kurang menyenangkan dan membosankan. Padahal, olahraga yang dilakukan secara teratur, yakni 30 menit lima kali dalam seminggu, bermanfaat untuk mencegah penyakit dan membuat tubuh lebih bugar.

Menurut Dr.R.Wishnu Hidayat, Sp.KO, gaya hidup olahraga secara teratur di kalangan orang muda memang perlu ditingkatkan lagi. Agar olahraga lebih disukai, tentu saja perlu dihilangkan kesan bahwa olahraga itu "menyiksa" dan monoton.

"Biasanya olahraga identik dengan harus berlari keliling lapangan, senam, push up/sit up, main basket atau voli atau sepak bola seperti waktu masa sekolah dulu. Belum lagi ditambah dengan kurangnya kesempatan dan waktu luang untuk melakukannya,” ujar dokter yang juga merupakan Staf Pengajar di Universitas Indonesia.

Untuk pemula, Wishnu menyarankan olahraga dengan intensitas sedang, misalnya jalan cepat. "Olahraga bisa menjadi sesuatu yang fun jika dilakukan bersama-sama teman," katanya.

Untuk mengajak anak muda lebih bersemangat berolahraga, Mizone, minuman isotonik, meluncurkan program Sportember. "Kami ingin mengajak anak muda untuk lebih bugar dengan aktivitas olahraga yang lebih menyenangkan,” ujar Marketing Manager Mizone, Yulius Tirtasaputra, dalam acara jumpa pers di Jakarta (9/9/14).

Ia menjelaskan, lewat akun twitter @mizoneid dan hashtag #MizoneSportember, Mizone akan menyuarakan semangat untuk berolahraga di bulan ini. "Kami berencana untuk membuat ini jadi ajang tahunan," kata Yulius.

Mizone juga menyiapkan lomba ide menarik tentang olahraga menyenangkan. Salah satu kegiatan yang akan diadakan adalah acara “Pagi Pagi Disko” saat Car Free Day tanggal 14 September 2014 yang akan menampilkan Frans (Celebrity Fitness), Ibnu Jamil (aktor & presenter) dan DJ Adhe & DJ Putri.

"Kebanyakan anak muda suka berolahraga ramai-ramai, dan suka party ramai-ramai. Lantas, kenapa kita tidak berolahraga sambil party? Olahraga juga bisa menyenangkan," kata Yulius.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.