Kompas.com - 16/09/2014, 13:57 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com
- Bersepeda kini bukan hanya digunakan untuk berolahraga.Sepeda juga bisa menjadi alat transportasi Anda untuk ke kantor. Dengan bersepeda, Anda memang akan langsung diterpa sinar matahari dan lebih berkeringat. Meski demikian, bersepeda banyak manfaatnya.

Selain ramah lingkungan dan menyehatkan, sebuah studi terbaru bahkan menyatakan orang yang bersepeda ke kantor merasa lebih bahagia dibanding yang mengendarai mobil pribadi.

Mereka yang mengendarai mobil pribadi mengaku lebih stres dan sulit berkonsentrasi. Apalagi jika harus melewati jalan yang macet. Mobil yang nyaman dan bisa melindungi Anda dari panas terik maupun hujan tak menjadi jaminan bisa membuat seseorang lebih merasa bahagia.

Selain bersepeda, studi juga menunjukkan bahwa kebahagiaan juga didapat oleh mereka yang berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum ke tempat kerja. Mereka yang bersepeda maupun berjalan kaki menuju halte bus atau stasiun kereta api juga dinilai lebih mendapat kesejahteraan.

Survei yang dilakukan Norwich Medical School, University of East Anglia (UEA) dan Centre for Health Economics, University of York ini mengambil data dari 18.000 pengguna transportasi umum berusia lebih dari 18 tahun di Inggris.

Namun, belum banyak dari mereka yang memilih bersepeda sebagai alat transportasi ke tempat kerja. Hasil survei menunjukkan, sebanyak 73 persen menggunakan kendaraan pribadi, 13 persen berjalan kaki, 11 persen menggunakan transportasi umum, dan hanya 3 persen menggunakan sepeda.

"Suatu hal yang mengejutkan bahwa mereka mengaku perasaannya lebih baik ketika bepergian dengan angkutan umum, dibandingkan dengan mengemudi sendiri," ujar peneliti dari UEA, Adam Martin.

Mungkin banyak yang berpikir layanan dan fasilitas transportasi umum belum memuaskan. Misalnya terlalu berdesak-desakan sehingga membuat stres. Namun, dengan naik bus dan kereta api, seseorang bisa lebih rileks, bisa bersosialisasi dengan penumpang lain, sehingga merasa lebih bahagia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.