Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersepeda ke Kantor Lebih Bikin Bahagia Dibanding Naik Mobil

Kompas.com - 16/09/2014, 13:57 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com
- Bersepeda kini bukan hanya digunakan untuk berolahraga.Sepeda juga bisa menjadi alat transportasi Anda untuk ke kantor. Dengan bersepeda, Anda memang akan langsung diterpa sinar matahari dan lebih berkeringat. Meski demikian, bersepeda banyak manfaatnya.

Selain ramah lingkungan dan menyehatkan, sebuah studi terbaru bahkan menyatakan orang yang bersepeda ke kantor merasa lebih bahagia dibanding yang mengendarai mobil pribadi.

Mereka yang mengendarai mobil pribadi mengaku lebih stres dan sulit berkonsentrasi. Apalagi jika harus melewati jalan yang macet. Mobil yang nyaman dan bisa melindungi Anda dari panas terik maupun hujan tak menjadi jaminan bisa membuat seseorang lebih merasa bahagia.

Selain bersepeda, studi juga menunjukkan bahwa kebahagiaan juga didapat oleh mereka yang berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum ke tempat kerja. Mereka yang bersepeda maupun berjalan kaki menuju halte bus atau stasiun kereta api juga dinilai lebih mendapat kesejahteraan.

Survei yang dilakukan Norwich Medical School, University of East Anglia (UEA) dan Centre for Health Economics, University of York ini mengambil data dari 18.000 pengguna transportasi umum berusia lebih dari 18 tahun di Inggris.

Namun, belum banyak dari mereka yang memilih bersepeda sebagai alat transportasi ke tempat kerja. Hasil survei menunjukkan, sebanyak 73 persen menggunakan kendaraan pribadi, 13 persen berjalan kaki, 11 persen menggunakan transportasi umum, dan hanya 3 persen menggunakan sepeda.

"Suatu hal yang mengejutkan bahwa mereka mengaku perasaannya lebih baik ketika bepergian dengan angkutan umum, dibandingkan dengan mengemudi sendiri," ujar peneliti dari UEA, Adam Martin.

Mungkin banyak yang berpikir layanan dan fasilitas transportasi umum belum memuaskan. Misalnya terlalu berdesak-desakan sehingga membuat stres. Namun, dengan naik bus dan kereta api, seseorang bisa lebih rileks, bisa bersosialisasi dengan penumpang lain, sehingga merasa lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com