Ingin Berhenti Merokok? Cobalah Suplemen Omega-3

Kompas.com - 12/11/2014, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Suplemen omega-3 ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan otak, tapi juga bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Cara baru untuk mengurangi keinginan merokok ini sudah diuji coba oleh tim peneliti. Para perokok yang mengonsumsi kapsul omega-3 setiap hari selama sebulan mengalami penurunan konsumsi rokok sampai 11 persen dibanding dengan mereka yang diberi pil plasebo.

Dr Sharon Rabinovitz Shenkar dari Universitas Haifa Israel yang melakukan penelitian ini mengatakan, zat dan obat-obatan yang saat ini digunakan untuk membantu  menghentikan kebiasaan merokok sangat tidak efektif. Justru obat-obatan tersebut akan menyebabkan efek samping yang sulit diatasi.

"Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa omega-3, suplemen makanan murah dan mudah ditemukan hampir tidak ada efek samping jika dikonsumsi dan dapat mengurangi rokok secara signifikan," katanya.

Merokok diketahui bisa mengurangi kadar asam lemak esensial di otak, terutama omega 3. Akibatnya bisa terjadi kerusakan struktur sel saraf dan mengganggu komunikasi antara saraf di area otak yang menghubungkan perasaan senang dan kepuasan.

Area otak tersebut juga sangat penting dalam hal ganjaran (rewards) dan mengambil keputusan, serta sangat penting dalam hal ketagihan. Sehingga kekurangan omega 3 dapat membuat seorang perokok akan lebih sulit mengatasi kebiasaan merokoknya.

"Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa ketidakseimbangan dalam omega-3 juga terkait dengan kesehatan mental, depresi dan kemampuan untuk mengatasi tekanan dan stres," katanya.

Tekanan dan stres dapat memicu keinginan untuk merokok. Padahal, pada mereka yang berhenti merokok, biasanya tingkat stres yang dirasakan juga meningkat.

Dalam penelitian ini Rabinovitz melibatkan 48 orang perokok yang sudah memiliki kebiasaan ini selama 11 tahun dan merokok sekitar 14 batang setiap hari. Para perokok ini dibagi dalam dua kelompok secara acak.

Satu kelompok mengonsumsi 950mg kapsul omega-3 lima kali sehari selama 30 hari. Sedangkan kelompok yang lain mengambil lima kapsul plasebo sehari dengan jumlah dan waktu yang sama. Seluruh responden tidak diminta untuk mengubah kebiasaan merokok mereka.

Setelah 30 hari, para perokok dari kelompok yang diberi omega-3 mengurangi rokok mereka rata rata-rata dua hari. Penurunan sebanyak 11%. Selain itu, tingkat ketagihan mereka terhadap nikotin juga berkurang.

Banyak makanan yang mengandung omega 3 jika kita tak ingin mengonsumsi suplemen. Makanan tersebut adalah ikan salmon, makarel dan trout. Omega 3 juga terdapat di kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. (Eva Erviana)


Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X