Kompas.com - 09/12/2014, 07:10 WIB
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Prioritas utama saat membersihkan rumah biasanya adalah area lantai, dapur, dan toilet. Namun, sebenarnya ada banyak benda yang mungkin tidak pernah Anda bersihkan walau sebenarnya jadi rumah kuman. Berikut 7 benda tersebut dan cara membersihkannya secara benar.

1. Bantal tidur

Pernahkah Anda bangun tidur dengan kondisi hidung tersumbat dan sedikit pusing? Sebuah penelitian terhadap bantal baru maupun lama menunjukkan, setidaknya ditemukan satu atau dua jenis bakteri penyebab penyakit atau asma di setiap sampel bantal yang diuji.

Beberapa sampel bantal juga mengandung puluhan mikroskopik binatang kecil. Sel kulit mati, kutu, kapang, dan jamur adalah sesuatu yang umum ditemukan di bantal. Yang sedikit mengejutkan, bantal yang terbuat dari kain sintetis lebih disukai oleh materi-materi kotor dibandingkan dengan bantal lama. Ini karena serat sintetis tenunannya tak terlalu rapat.

Cara membersihkan: Pembersihan tergantung pada jenis bantal. Jika bantal tidak terisi penuh, maka Anda harus membawanya ke laundry, kata Elaine Larson, Ph.D, seorang ahli penyakit menular di Universitas Columbia. "Itu akan menghilangkan alergen yang mungkin ada," katanya. Bantal sintetis biasanya dapat dicuci dengan mesin. Cukup periksa tag petunjuk.  

2. Pegangan sikat gigi

Sebuah laporan dari National Sanitation Foundation (NSF) menemukan, 27 persen dari pegangan sikat gigi terkontaminasi dengan bakteri penyebab penyakit seperti Staph. Studi lain juga menemukan jenis bakteri yang terkait dengan E.coli. Para ahli mengatakan, bakteri dalam pegangan sikat gigi ini sangat dipengaruhi oleh tempat kita meletakkan sikat gigi di kamar mandi.

Cara membersihkan: NSF merekomendasikan untuk membersihkan pegangan sikat dengan air panas dan sabun dua kali seminggu.

3. Tampungan air di mesin pembuat kopi

Teko dan filter adalah dua bagian dari mesin pembuat kopi yang rutin kita bersihkan. Tapi kapan terakhir kali Anda mengikuti petunjuk mesin pembuat kopi dan membersihkan kuman di tampungan air? Sebanyak 50 persen tempat tampungan air di mesin ini diketahui apang atau ragi bisa ditemukan muncul sebanyak 50 persen dari tampungan yang diuji.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.