Kompas.com - 17/01/2015, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

 
Selamat malam dok, saya sudah menikah hampir dua tahun. Sebelumnya saya sudah pernah hamil. Di usia kehamilan 25 minggu saya melahirkan spontan tetapi bayi saya meninggal dalam kandungan.
 
Saat ini saya merencanakan kehamilan yang kedua tapi sampai detik ini saya belum kunjung hamil, padahal saya tidak ber-KB. Yang ingin saya tanyakan, apakah kesuburan saya terganggu setelah kehamilan pertama. Belakangan ini siklus menstruasi saya tidak teratur, kadang dua bulan sekali.

Apakah setiap bulan seorang wanita harus mengeluarkan sel telurnya agar siap dibuahi? Terimakasih atas jawaban dokter.
 
Ida Fitri (23), Tegal


JAWAB:

Ibu Ida Fitri yth,

Untuk hamil lagi diperlukan persiapan yang matang. Ibu harus sehat jiwa dan raga. Riwayat kehamilan sebelumnya bisa mempengaruhi persiapan hamil ini.

Untuk sehat fisik ibu upayakan makan yang bergizi. Jangan sampai jadi gemuk. Bebaskan dari rokok, kopi dan alkohol. Olah raga secara teratur dan cukup istirahat.

Untuk sehat psikis, ibu upayakan untuk tidak stress, capek atau sibuk. Kalau memerlukan advis psikolog karena riwayat kehamilan terdahulu, juga boleh.

Dengan persiapan yang baik, maka kualitas telur dan sperma juga bagus. Dan akhirnya bayinya juga sehat.

Untuk kesuburan, memang normalnya setiap bulan akan ada telur yang matang, tapi itu juga terkait dengan aktivitas ibu. Kalau sedang sakit, capek atau sibuk maka seringkali telurnya tidak matang. Jadi kembali lagi, ibu harus dalam keadaan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.