Kompas.com - 27/01/2015, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan buah-buahan impor dari Amerika Serikat (AS) yang saat ini ada di Indonesia bebas dari bakteri Listeria monocytogenes. Buah impor dari AS di Indonesia pun bukan jenis Granny Smith dan Gala yang disebut terkontaminasi bakteri listeria.

"Jadi, kami memastikan kalau produk yang sudah ada tidak perlu menimbulkan kerisauan," ujar Kepala Badan Karantina Kementan Banun Harpini di Gedung Kementan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Banun mengatakan, sejauh ini apel yang diimpor dari Amerika adalah apel Washington. Adapun jika ada jenis Granny Smith dan Gala di Indonesia, apel itu bukan masuk dari AS, melainkan negara lain. Banun mengatakan, pihaknya selalu melakukan pengawasan terhadap buah-buahan impor dengan uji laboratorium sebelum dipasarkan di Indonesia.

"Kami selalu lakukan monitoring. Sejak Mei sampai Desember 2014, tidak ditemukan cemaran kimia yang melebihi ambang batas dan bebas mikroba," terang dia.

Banun mengungkapkan, apel impor dari AS baru akan datang ke Indonesia lagi sekitar akhir Januari ini atau awal Februari 2015. Menurut dia, AS pun telah memastikan apel yang akan diimpor bebas bakteri dan bukan berasal dari pengepakan Bidart Bros, California. Sebelumnya, diduga kuat, apel Granny Smith dan Gala tercemar bakteri listeria saat pengepakan.

Namun, untuk antisipasi kontaminasi bakteri, Kementan mengaku akan memperketat uji laboratorium pada semua apel yang masuk dari AS.

"Sejak 22 Januari 2015 sudah kami instruksikan kepada semua UPT (unit pelayanan teknis) untuk mengawasi dan menguji laboratorium semua apel yang masuk dari Amerika Serikat. Bila ditemukan positif kontaminasi, maka akan kami tolak," ujar Banun.

Banun memastikan, buah-buahan yang masuk ke Indonesia secara legal akan aman untuk dikonsumsi. Mengenai produk ilegal yang kemungkinan terjadi, pengecekan akan dilakukan dengan mengambil sampel yang sudah ada di pasaran.

Ia meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir, tetapi tetap waspada dalam memilih buah segar.

Untuk diketahui, bakteri listeria bisa menyebabkan efek serius pada ibu hamil, janin, dan orang yang menderita gangguan sistem imun. Berdasarkan data dari Center of Disease Control (CDC) AS, hingga januari 2015, terdapat puluhan warga AS yang terinfeksi bakteri listeria dari apel tersebut, dan beberapa di antaranya meninggal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.