Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementan Pastikan Apel Impor di Indonesia Bebas Bakteri Listeria

Kompas.com - 27/01/2015, 08:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan buah-buahan impor dari Amerika Serikat (AS) yang saat ini ada di Indonesia bebas dari bakteri Listeria monocytogenes. Buah impor dari AS di Indonesia pun bukan jenis Granny Smith dan Gala yang disebut terkontaminasi bakteri listeria.

"Jadi, kami memastikan kalau produk yang sudah ada tidak perlu menimbulkan kerisauan," ujar Kepala Badan Karantina Kementan Banun Harpini di Gedung Kementan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Banun mengatakan, sejauh ini apel yang diimpor dari Amerika adalah apel Washington. Adapun jika ada jenis Granny Smith dan Gala di Indonesia, apel itu bukan masuk dari AS, melainkan negara lain. Banun mengatakan, pihaknya selalu melakukan pengawasan terhadap buah-buahan impor dengan uji laboratorium sebelum dipasarkan di Indonesia.

"Kami selalu lakukan monitoring. Sejak Mei sampai Desember 2014, tidak ditemukan cemaran kimia yang melebihi ambang batas dan bebas mikroba," terang dia.

Banun mengungkapkan, apel impor dari AS baru akan datang ke Indonesia lagi sekitar akhir Januari ini atau awal Februari 2015. Menurut dia, AS pun telah memastikan apel yang akan diimpor bebas bakteri dan bukan berasal dari pengepakan Bidart Bros, California. Sebelumnya, diduga kuat, apel Granny Smith dan Gala tercemar bakteri listeria saat pengepakan.

Namun, untuk antisipasi kontaminasi bakteri, Kementan mengaku akan memperketat uji laboratorium pada semua apel yang masuk dari AS.

"Sejak 22 Januari 2015 sudah kami instruksikan kepada semua UPT (unit pelayanan teknis) untuk mengawasi dan menguji laboratorium semua apel yang masuk dari Amerika Serikat. Bila ditemukan positif kontaminasi, maka akan kami tolak," ujar Banun.

Banun memastikan, buah-buahan yang masuk ke Indonesia secara legal akan aman untuk dikonsumsi. Mengenai produk ilegal yang kemungkinan terjadi, pengecekan akan dilakukan dengan mengambil sampel yang sudah ada di pasaran.

Ia meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir, tetapi tetap waspada dalam memilih buah segar.

Untuk diketahui, bakteri listeria bisa menyebabkan efek serius pada ibu hamil, janin, dan orang yang menderita gangguan sistem imun. Berdasarkan data dari Center of Disease Control (CDC) AS, hingga januari 2015, terdapat puluhan warga AS yang terinfeksi bakteri listeria dari apel tersebut, dan beberapa di antaranya meninggal dunia.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com