Kompas.com - 02/04/2015, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, saya pria berusia 52 tahun. Saat ini saya agak susah payah mendapatkan ereksi yang sempurna. Selain lembek, saya juga mengalami ejakulasi dini sehingga hubungan seks dengan istri menjadi terganggu. Istri juga mulai protes.

Mohon saran dokter bagaimana agar saya bisa perkasa lagi, apakah ini ada pengaruhnya dengan konsumsi obat hipertensi dan obat asam urat? Kenapa saat saya menderita prostat di usia 40-45 tahun saya justru lebih mudah ereksi, bahkan bisa berhubungan sampai 4 kali sehari. Saya sampai dibilang mengalami puber kedua. Mohon penjelasannya dok.

JAWAB:

Gangguan ereksi memang merupakan masalah yang dialami pria dari berbagai golongan umur. Tetapi semakin lanjut usia, semakin banyak yang mengalami. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain berkurangnya hormon testosteron, gangguan pembuluh darah dan syarat karena penyakit tertentu, efek samping obat, dan pola hidup tidak sehat.

Obat hipertensi tertentu yang digunakan dalam waktu lama juga memberikan efek samping gangguan ereksi. Dalam keadaan ereksi terganggu, ejakulasi memang cenderung cepat terjadi.

Pembesaran prostat biasa terjadi pada usia lanjut. Tetapi keadaan ini tidak selalu berakibat pada gangguan ereksi. Tetapi obat untuk pembesaran prostat dapat menimbulkan gangguan ereksi.

Saya sarankan Anda berkonsultasi kepada tenga ahli untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi agar mendapat pengobatan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.