Kompas.com - 07/04/2015, 07:16 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Olahraga memang mesti dilakukan secara rutin. Sebagai bagian dari hidup sehat Anda. Agar makin sehat, tambahkan sejumlah cara lainnya yang dapat dikerjakan dalam waktu singkat dan tentu saja mudah. 

Bila Anda termasuk tipe orang yang secara terus menerus merasa waktu berlalu begitu saja, sementara jadwal olahraga terus terabaikan, ada langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda. 
 
Ya, bukan berarti Anda kemudian tidak berolahraga. Tidak begitu. Olahraga tetap harus dimasukkan dalam jadwal aktivitas harian. Tetapi, Anda bisa menambahkan 11 cara mudah berikut (masing-masing dapat dikerjakan tak lebih dari satu menit) yang akan membantu kesehatan Anda bertambah baik lagi. 
 
Berpelukan. Teletubbies yang senang berpelukan ini bisa ditiru. Karena nyatanya ada efek positif yang diberikan dari memeluk ini. 
 
Di saat memeluk seseorang yang disayangi, kehangatan yang muncul akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks. Manfaat lainnya, memeluk dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. 
 
Tertawa. Tertawa dikenal reputasinya sebagai obat terbaik bagi tubuh. Tidak hanya menjadi pereda stres alami tubuh, tertawa juga menyerupai sejumlah respon fisiologi dalam tubuh terhadap aktivitas fisik.
 
Santap cokelat hitam. Komponen alami dalam cokelat dapat melindungi jantung, mulai dari menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jelek serta membantu sirkulasi tubuh. Ada sejumlah bukti yang menunjukkan cokelat juga dapat membantu melindungi diri dari diabetes dan melindungi kulit. 
 
Lihat sisi positifnya. Banyak orang selalu mengatakan untuk selalu melihat sisi positif ketika menghadapi masalah ataupun kesulitan. Pernyataan ini tidak keliru. Mengingat, rasa optimis itu baik bagi kesehatan. Selalu melihat sisi positif dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat dan sistem imunitas yang lebih kuat. 
 
Alihkan dari layar komputer. Kebanyakan pekerja sekarang menghabiskan waktu di depan komputer. Namun, jangan terlalu terpaku di depan layar komputer. Karena, selain membuat mata lelah, masalah lain terkait dengan indera penglihatan ini juga bisa terjadi.  

Untuk itu, ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit berhadapan dengan layar komputer, alihkan perhatian ke tempat lain dengan jarah sejauh 20 kaki (6 meter), selama 20 detik. 

 
Selalu cuci tangan. Mencuci tangan itu tak sampai satu menit. Rekomendasi para ahli adalah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama 15-20 detik agar seluruh permukaan tangan tercuci dengan baik.
 
Cuci tangan, terutama setelah dari toilet, sebelum makan, setelah memegang benda seperti pegangan pintu, uang, dan lain sebagainya, akan menurunkan angka kesakitan. Kejadian diare maupun flu dapat diturunkan dengan mencuci tangan.
 
Pasang sabuk pengaman. Selalu pergunakan sabuk pengaman saat berkendara maupun di dalam kendaraan. Di Amerika Serikat, data menunjukkan 87 persen orang dewasa menggunakan sabuk pengaman.

Akan tetapi lebih dari 2 juta dewasa mendapat perawatan akibat kecelakaan setiap tahunnya. Dan lebih dari setengah remaja berusia 13-20 tahun yang meninggal dalam kecelakaan mobil di tahun 2012, disebutkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tidak menggunakan sabuk pengaman ketika kecelakaan terjadi. 

 
Lakukan pose anak. Pose anak dalam yoga menjadi satu pose paling santai serta restoratif atau menguatkan. Selain itu, pose tersebut juga akan memberikan peregangan lembut, memberi energi yang dapat membantu meredakan nyeri punggung serta leher. Lakukan pose ini selama satu menit dan rasakan tubuh Anda mulai rileks. 
 
Gunakan tabir surya. Paparan sinar matahari menjadi penyebab terbesar untuk penyakit kanker kulit. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker kulit adalah dengan menggunakan tabir surya.

Indonesia, dengan sinar matahari sepanjang tahun, sangat dianjurkan pemakaian tabir surya. Sebagai perlindungan, oleskan tabir surya di bagian tubuh yang terkena paparan sinar matahari. 

 
Lakukan plank. Beberapa waktu lalu, plank selama satu menit menjadi tantangan kebugaran klasik yang suka muncul di Facebook atau Instagram. Anda bisa melakukan tantangan ini pula setiap harinya dan manfaatnya bisa dirasakan. Otot tubuh bagian tengah lebih kuat, nyeri punggung bisa berkurang dan memperbaiki postur tubuh. 
 
Tersenyum. Ini adalah hal paling mudah yang bisa Anda lakukan kapan saja. Dan efeknya pun sangat positif. Mereka yang suka tersenyum biasanya termasuk orang yang bahagia. Tambahan lagi, penelitian di tahun 2010 menunjukkan, orang yang tersenyum sangat lebar juga hidup lebih lama. 
 
Bahkan ketika Anda sedang merasa tertekan, senyum palsu juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Dan tentu saja, tidak memakan waktu lama. Akan tetapi, akan lebih baik lagi bila senyum Anda memang tulus. Smile....
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Iritabilitas
Iritabilitas
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Penis Lecet

Penis Lecet

Penyakit
Coulrophobia

Coulrophobia

Penyakit
Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Terpapar Virus Corona

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Terpapar Virus Corona

Health
Tinnitus

Tinnitus

Penyakit
Rabun

Rabun

Penyakit
Gastroschisis

Gastroschisis

Penyakit
5 Cara Menurunkan Risiko Kanker Paru-paru

5 Cara Menurunkan Risiko Kanker Paru-paru

Health
Lemah Jantung

Lemah Jantung

Penyakit
Mengenal Gejala Kanker Paru-paru Stadium 2

Mengenal Gejala Kanker Paru-paru Stadium 2

Health
Agranulositosis

Agranulositosis

Penyakit
8 Gejala Prostatitis yang Pantang Disepelekan

8 Gejala Prostatitis yang Pantang Disepelekan

Health
Edema Paru

Edema Paru

Penyakit
7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

Health
Balanitis

Balanitis

Penyakit
6 Penyebab Hidung Sakit seperti Kemasukan Air

6 Penyebab Hidung Sakit seperti Kemasukan Air

Health
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.