Kompas.com - 05/05/2015, 14:14 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika Duke dan Duchess of Cambridge melangkah keluar dari Rumah Sakit St.Mary, London dengan bayi perempuan mereka Charlotte, pandangan dunia hanya tertuju ke sang putri: Cathrine. Memakai dress berwarna putih berhias bunga-bunga kecil berwarna kuning, Kate tampak cantik dan memukau.

Reaksi publik hampir sama, Kate tampak luar biasa untuk ukuran wanita yang 10 jam lalu baru saja melahirkan bayi seberat 3,7 kilogram.

Bagaimana hal ini mungkin? Wanita yang telah melahirkan biasanya hanya mengingat rasa lelah setelah persalinan. Energi seolah terkuras dan satu-satunya yang diinginkan hanyalah tidur dan beritirahat.

Kate bisa tampak bersinar seolah-olah baru keluar dari salon sebenarnya bukan hal yang mustahil. Ia punya banyak bantuan; penata rambut yang langsung datang ke rumah sakit setelah ia melahirkan; desainer yang menciptakan baju cantik untuk menyamarkan perutnya dan menonjolkan kakinya yang langsing.

Menderita mual muntah parah (hyperemesis gravidarum) di awal kehamilan membuat Kate tidak bisa mengasup makanan terlalu banyak. Tak heran jika ia tidak mengalami kenaikan berat badan terlalu drastis.

Tetapi sebenarnya sang putri punya alasan lain untuk tersenyum. Kate memiliki satu tim dokter dan bidan yang terus memonitor kondisi kehamilannya. Ia juga melahirkan dua jam setelah tiba di rumah sakit dengan persalinan normal. Tak heran jika ia langsung bisa berdiri di hadapan media 10 jam usai persalinan.

Calon profesor kebidanan di University of Western Sydney Hannah Dahlen mengatakan, kehadiran bidan yang penuh perhatian selama kehamilan dan persalinan adalah faktor paling penting untuk memliki pengalaman melahirkan yang positif dan juga pemulihan diri dengan baik.

"Kita tahu Kate ditangani oleh bidan yang sama selama kehamilannya dan perawatan tersebut memberikan pengalaman kehamilan yang positif dan persalinan tanpa masalah," kata Dahlen.

Bidan yang telah mengenal kondisi tubuh kita dengan baik juga akan membuat ibu hamil merasa aman, rileks, dan bisa melahirkan bayi tanpa adanya intervensi medis.

"Sangat penting untuk dokter kandungan yang siap sedia jika diperlukan, tapi pemulihan setelah persalinan akan jauh lebih cepat jika tak ada intervensi saat melahirkan," katanya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.