Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Genggaman Tangan Prediksi Kesehatan Jantung

Kompas.com - 19/05/2015, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Menguji kekuatan genggaman tangan bisa menjadi cara mudah dan murah untuk mengidentifikasi apakah kita beresiko terkena serangan jantung, stroke, atau kematian prematur.

Kesimpulan itu didapatkan lewat penelitian yang melibatkan 140.000 orang dewasa yang menjalani tes genggaman tangan. Partisipan berusia 35-70 tahun yang berasal dari 17 negara. Kesehatan mereka diikuti selama 4 tahun.

Setiap penurunan kekuatan genggaman tangan sebanyak 5 kilogram dikaitkan dengan penurunan 16 persen risiko kematian karena berbagai sebab. Penurunan tersebut juga terkait dengan peningkatkan risiko kematian akibat penyakit nonjantung.

Meski penelitian ini menemukan kaitan, tapi bukan sebab akibat. Walau begitu, para ahli mengatakan bahwa kekuatan genggaman tangan bisa menjadi cara untuk memprediksi kematian prematur. Bahkan dianggap lebih efektif ketimbang bacaan tekanan darah.

Hubungan antara kekuatan genggaman tangan dan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian prematur ini juga tetap kuat meski para peneliti memasukkan faktor lain, seperti usia, kebiaaan merokok, minum alkohol, dan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com