Kompas.com - 22/06/2015, 15:42 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Berbagai metode diet telah dilakukan, tetapi angka timbangan tak juga bergerak turun. Bisa jadi, selama ini Anda terjebak dalam berbagai mitos diet. Temukan faktanya dan berat badan akan turun lebih cepat, bahkan berat badan akan terjaga pada angka yang Anda inginkan.

Mitos diet #1: “Saya harus makan lebih sering untuk menghindari rasa lapar.”

Fakta: Tak salah memang makan dalam porsi kecil tapi sering, untuk menjaga Anda dari rasa lapar dan makan berlebih saat waktu makan tiba. Anda tak ingin merasa sangat kelaparan di satu waktu. Namun, jika Anda berpikir bahwa makan sering akan menurunkan berat badan, Anda salah.

Mitos diet #2: Hindari karbohidrat, karena menyebabkan naiknya berat badan.

Fakta: Krbohidrat tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Berat badan Anda akan naik jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori, entah itu karbohidrat, lemak atau protein. Sebagian oranng memang menghindari karbohidrat tepung, karena nilai nutrisinya yang kecil dan mudah menyebabkan lapar lebih cepat.

Mitos diet #3: Olahraga High Intensity Interval Training adalah olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan.

Fakta: Olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) atau kardio menjadi tren terbesar bagi para pecinta olahraga beberapa tahun terakhir ini. Kardio memang terbukti membakar kalori dalam jumlah besar. Manfaat olahraga ini juga mengurangi enzim lemak, meningkatkan efisiensi penguraian makanan menjadi energi, sekaligus memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh. Namun, tak perlu melakukan olahraga ini berlebihan hanya untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Ada kalanya, olahraga berlebihan membawa efek buruk pada tubuh.

Mitos diet #4: Makanan organik dan bebas gluten akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding makanan olahan.

Fakta: Tak ada yang salah dengan makanan organik dan bebas gluten, tapi faktanya banyak makanan organik yang diolah justru mengandung lebih banyak kalori dan gula seperti makanan biasa.

Mitos diet #5: Metode diet penurunan berat badan cepat tak pernah berhasil.

Fakta: Kebanyakan program diet penurunan berat badan cepat adalah tanpa dasar ataupun penelitian ilmiah. Tapi, bukan berarti semua program diet penurunan berat badan cepat tak baik untuk Anda. Bagi sebagian orang mungkin tak berhasil, tapi bagi beberapa orang lain bukan tak mungkin diet ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Yang perlu diingat adalah, tubuh setiap orang berbeda-beda, begitupun dengan reaksi tubuh. Jika satu pogram diet berhasil untuk satu orang, belum tentu menunjukkan hasil yang sama pada orang lain. Karena itu, penting untuk mengenali kondisi tubuh, agar Anda tak salah emmilih program penurunan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.