Kompas.com - 26/06/2015, 15:20 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi


JAKARTA, KOMPAS.com
- Berhenti merokok memang tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi bagi perokok berat yang sudah kecanduan.
 
Nah, di bulan Ramadhan ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk menjalankan niat berhenti merokok. Puasa dapat membantu Anda mengurangi kosumsi rokok per hari. 
 
"Marilah kita gunakan bulan Ramadhan tahun ini, sebagai momentum untuk berhenti merokok seterusnya," imbuh Guru Besar Ilmu Penyakit Paru dan Pernapasan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Tjandra Yoga Aditama, Jumat (26/6/2015).
 
Tak hanya makan dan minum, nyatanya banyak orang yang berhasil puasa merokok mulai dari sahur hingga waktunya berbuka. Saat berbuka, tahanlah godaan untuk merokok. Lebih baik menyantap hidangan takjil. Teruskan kebiasaan ini hingga akhirnya berhenti merokok.
 
"Perokok yang berpuasa sudah berhenti merokok mulai sahur sampai berbuka. Lanjutkan untuk tidak merokok sampai sahur berikutnya, sehingga perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok," jelas Tjandra.
 
Perlu niat yang kuat untuk berhenti merokok. Untuk mengalihkan keinginan rokok, ikutilah kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga. Berhenti merokok tentunya akan memberi manfaat bagi kesehatan.
Bahaya rokok bagi kesehatan sudah jelas. Asap rokok mengandung 4.000 jenis senyawa kimia dengan 400 jenis di antaranya merupakan zat beracun dan 43 di antaranya dapat menyebabkan kanker.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.