Kompas.com - 09/09/2015, 13:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Diet sudah berjalan selama lima bulan, Anda sudah makan bersih alias menjauhi produk olahan dan makanan berlemak serta berkalori tinggi. Di bulan-bulan awal, berat badan Anda turun seperti yang sudah diharapkan. Tapi masuk bulan keenam, jarum di timbangan berhenti bersahabat. Angkanya kadang stagnan dan yang mengerikan - kadang naik.

 

Kenaikan kurang dari satu kilogram, bagi orang yang sedang bersemangat menurunkan berat badan, sangatlah berarti. Namun, sama halnya seperti olahraga, diet pun mengenal masa plato. Masa plato adalah saat di mana pola makan yang diterapkan tidak lagi menghasilkan penurunan berat badan. Masa plato terjadi, karena tubuh sudah beradaptasi terhadap pola makan yang Anda jalani.

 

Masa plato bisa disiati dengan mengubah strategi makan, agar tubuh ‘terpaksa’ beradaptasi lagi dan timbangan bergerak turun lagi. Inilah strategi makan yang bisa Anda terapkan untuk mengakhiri masa plato.

 

1. Sesuaikan asupan karbohidrat

Tubuh Anda memiliki kapasitas besar untuk menyimpan karbohidrat, yaitu sekitar 500 gram sekali makan. Sebagai ilustrasi, satu iris roti mengandung 15 gram karbohidrat. Ketika Anda mengonsumsi karbohodrat lebih dari yang Anda butuhkan saat ini, kelebihannya akan disimpan oleh tubuh sebagai glikogen. Untuk setiap gram glikogen yang disimpan, Anda juga menyimpan sekitar 3 sampai 4 gram air.  Penyimpanan ini  menjelaskan mengapa meskipun kadar lemak tubuh tidak berubah, total berat badan Anda tetap bertambah.

 

Cara terbaik untuk mengakali hal ini adalah dengan mengubah jenis karbohidrat yang Anda makan. Hindari karbohidrat olahan, pilihlah sumber karbohidrat yang lebih sulit diolah tubuh (karbohidrat kompleks) misalnya buah-buahan dan sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan, gandum utuh atau beras merah dan beras bekatul.

 

2. Tambah jumlah serat

Riset membuktikan dari setiap gram serat yang kita makan, kita sudah berhasil mengeliminasi tujuh gram kalori. Itu artinya, asupan 30 gram serat perhari dapat memangkas 210 kalori atau 9 kilogram dalam setahun.

 

3. Kurangi garam dan sodium

Air dan sodium adalah sahabat dekat. Sodium dapat menarik air dengan mudah. Ketika asupan sodium Anda tinggi maka tubuh akan menahan lebih banyak air dan begitu juga sebaliknya. Dua cangkir air yang ditahan oleh tubuh sama artinya dengan penambahan satu kilogram berat badan.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Shape

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.