Kompas.com - 09/09/2015, 20:03 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Olahraga rutin di gym, makan siang sehat dengan menghindari fast food, serta mengurangi asupan gula, tentu akan membuat tubuh lebih sehat dan panjang umur kan? Jawabannya, belum tentu.

Pasalnya,hidup sehat sebenarnya bukan hanya berolahraga dan mengnsumsi makanan sehat. Dibutuhkan lebih dari itu untuk hidup sehat. Aktivitas kehidupan yang Anda jalani sehari-hari juga memilki efek besar pada kesehatan Anda. Berikut ini beberapa hal yang sering Anda lakukan, tapi tanpa sadar akan membuat tubuh Anda lebih cepat tua.


1. Kurang mengonsumsi makanan pedas

Peneliti China melacak kebiasaan makan lebih dari 3 juta orang selama tujuh tahun dan menemukan, bahwa mereka yang makan pedas 6-7 hari seminggu memiliki risiko kematian 14% lebih rendah  dibandingkan dengan mereka yang hanya makan makanan pedas kurang dari sekali seminggu. Menurut studi yang dipublikasikan dalam British Medical  Journal, capsaicin dalam cabailah yang berperan besar dalam hal ini. Capsaicin sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya, mulai sebagai anti obesitas, antioksidan, anti inflamasi, anti kanker, serta anti hipertensi.

2. Sering menghabiskan waktu sendiri

Ada kalanya kesendirian memang dibutuhkan untukmenjaga kesehatan jiwa Anda. Tapi, bukan berarti Anda harus terus menerus sendiri dan membatasi pertemanan. Lebih buruk lagi, jika Anda lebih dekat dengan gadget ketimbang dengan manusia sebenarnya. Sebuah tinjauan yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Perspectives on Psychological Science menemukan, bahwa orang-orang yang kemampuan bersosialisasinya tidak baik berisiko mengalami kematian dini.

 

Dengan menganalisis data dari 70 studi yang berbeda, para ilmuwan menyimpulkan bahwa kesepian meningkatkan risiko kematian dini sebesar 26%, sementara hidup sendiri meningkatkan risiko kematian dini hingga 32%. Bahkan yang lebih menakutkan: peneliti menemukan bahwa risiko dari isolasi sosial dan kesepian sebanding dengan obesitas berat.

3. Terlalu banyak duduk ketimbang berdiri

Duduk di tempat kerja memang tak bisa dihindari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, waktu menetap (waktu yang dihabiskan duduk sambil menonton TV, bekerja, dll) berkaitan dengan risiko yang lebih besar untuk semua jenis kematian, mulai dari peningkatan risiko penyakit kardiovaskular diabetes tipe 2 .

 

Studi lain dari jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, menemukan bahwa waktu luang yang dihabiskan dengan duduk-duduk berkaitan dengan risiko dari semua kanker-namun secara khusus kanker payudara invasif, dan kanker ovarium pada wanita, bukan pria.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.