Kompas.com - 22/10/2015, 11:16 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Sesungguhnya setiap orang memiliki risiko terkena kanker, tak terkecuali para pesohor atau orang terkenal. Kanker payuara disebabkan oleh sel ganas yang menyebar tidak terkendali pada jaringan payudara. Pemicu timbulnya kanker ini masih belum diketahui pasti, tapi risiko terserang kanker ini semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

Saat ini terapi dan pengobatan kanker semakin berkembang sehingga harapan kesembuhan pun lebih besar. Meski demikian, kanker payudara lebih mungkin disembuhkan jika ditemukan sejak awal. Lakukan pemeriksaan dan kenali ketidaknormalan pada payudara, seperti perdarahan pada puting, cekungan di kulit payudara, atau muncul ruam di sekitar kulit.

Berikut adalah beberapa selebriti yang berhasil melawan kanker yang menjadi momok kaum wanita ini. Semangat mereka dalam menjalani pengobatan dan perubahan gaya hidup agar kankernya tetap terkendali bisa menjadi inspirasi.

1. Giuliana Rancic
Pembawa acara E! News ini mengidap kanker payudara stadium awal di tahun 2011. Rancic sudah menjalani mammogram dan pada Desember 2011  melakukan masektomi atau pengangkatan payudara seluruhya disertai dengan operasi rekonstruksi.

Sebagai penyintas (survivor), ia meluncurkan “Fab-U-Wish”, sebuah gagasan untuk menghimbau para wanita untuk melakukan pengobatan kanker payudara dan ovarium yang bekerja sama dengan organisasi non-profit The Pink Agenda.

2. Christina Applegate
Pemeran film Anchorman ini terdiagnosa kanker payudara pada usia 36 di tahun 2008. Mulanya ia hanya melakukan pengangkatan tumor (lampektomi), namun ia memutuskan untuk mengangkat semua payudaranya setelah mengetahui ada gen mutasi BRCA dalam dirinya.

Dalam acara Oprah Winfrey ia mengakui sangat emosional dan bersyukur bisa mengatasi semua itu berkat melakukan deteksi dini.

3. Sheryl Crow
Crow menjadi pejuang kanker payudara dengan mencanangkan pentingnya pendeteksian dini. Ia terdiagnosa kanker payudara pada tahun 2006 dan menjalani perawatan radiasi dan lampektomi. Tumor tersebut terdeteksi setelah ia melakukan mammogram. Pelantun All I Wanna Do itu menganjurkan semua wanita untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

4. Cynthia Nixon
Bintang film Sex & The City ini terdiagnosa kanker payudara pada tahun 2006 dan sudah menjalani lampektomi serta terapi radiasi selama 6 minggu. “Ini membuat saya lebih sadar dan lebih kuat untuk melewati ini semua” ujarnya. Kini ia pun aktif mengedukasi para wanita tentang kanker payudara.

5. Peter Criss
Kanker payudara tak hanya beresiko pada wanita, namun juga pria. Salah satu member band rock KISS, Peter Criss mengidap kanker payudara pada tahun 2009. Ini bermula saat ia merasa ada benjolan di payudara kirinya. Namun itu tidak mematahkan semangatnya untuk terus berkarier di industri musik.

6. Rima Melati
Aktris senior ini termasuk dalam deretan orang yang berhasil sembuh dari kanker payudara. Wanita berusia 74 tahun ini terdiagnosa kanker stadium 3 dan melakukan operasi pengangkatan sel kanker. Sebelum terdiagnosa kanker, ia mengaku seorang perokok. Sembuh dari kanker, ia tetap menjaga pola hidupnya sehingga tetap terlihat bugar.

7. Kylie Minogue
Penyanyi asal Australia ini terdiagnosis kanker payudara tahun 2005 dan menjalani operasi serta kemoterapi. Ketika mendapati ada benjolan di payudaranya dokter mengatakan bahwa ia sehat. Namun Minogue melakukan pemeriksaan lain untuk mendapatkan opini kedua. Beruntung ia melakukannya karena ternyata kanker telah bersarang di tubuhnya. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.