Kompas.com - 04/01/2016, 19:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Khasiat tanaman rosemary, baik daun maupun bunganya telah dikenal sejak lama. Kali ini, sebuah penelitian kembali membuktikan manfaat rosemary bagi kesehatan otak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Northumbria, mencium aroma rosemary saja dapat mempertajam ingatan seseorang.

Aroma rosemary dapat meningkatkan memori, karena membantu produksi zat kimia di otak. Kandungan senyawa 1,8-cineole yang terdapat dalam tanaman rosemary inilah yang diduga memengaruhi bahan kimia di otak.

Penelitian dilakukan dengan tes memori sambil duduk di ruangan yang telah diberi aroma minyak rosemary. Sementara itu, respponden lainnya, duduk di ruangan yang wangi lavender dan ruangan tanpa diberi aroma.

Penelitian mengklaim bahwa aroma rosemary meningkatkan kemampuan mengingat masa lalu dan mengingat apa yang harus dilakukan kemudian. Jika memang menyukai aromanya, rosemary bisa membuat seseorang lebih rileks.

Dokter Mark Moss dari Universitas Northumbria mengungkapkan rosemary seperti memiliki efek sebagai obat. Moss percaya, menghirup minyak rosemary secara teratur dapat meningkatkan kesehatan otak. Caranya, cukup dengan menghirup langsung aroma rosemary di bawah hidung. Selain minyak, rosemary juga dibuat teh yang bisa dinikmati. 

Para peneliti percaya, rosemary membantu otak sehat lebih lama dan perlu penelitian lebih lanjut apakah hal ini bisa mencegah demensia atau penyakit pikun, termasuk alzheimer.

Selama ini rosemary tak hanya digunakan sebagai aromaterapi, tetapi juga bahan untuk kecantikan dan obat. Aromanya yang cukup tajam, juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki masalah pencernaan, dan menenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.