Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Keguguran, Berapa Lama Menunggu Sebelum Hamil Lagi?

Kompas.com - 13/01/2016, 11:00 WIB
KOMPAS.com - Pengalaman keguguran memang bisa menyebabkan kesedihan yang lama bagi calon ibu. Keputusan untuk hamil lagi sebenarnya bersifat sangat personal.

Para dokter bisa memberikan saran waktu yang ideal untuk mencoba hamil kembali, tetapi sebagian besar hal itu kembali pada pasangan kapan mereka siap.

Waktu tiga bulan untuk hamil kembali pasca keguguran kini tak lagi disebut sebagai waktu ideal, tetapi periode kesempatan untuk hamil kembali lebih besar.

Dalam sebuah survei, pasangan yang mengalami keguguran memang mayoritas mencoba untuk hamil kembali setelah tiga bulan.

"Banyak pasangan yang berkonsultasi berapa lama mereka harus menunggu sampai boleh mencoba hamil lagi. Tetapi berdasarkan data, wanita yang ingin mencoba hamil lagi dalam tiga bulan lebih besar peluangnya dibanding wanita yang menunggu lebih lama," kata Dr.Enrique Schisterman, yang melakukan studi ini.

Schisterman melakukan studi dengan mengikuti hampir 1000 pasangan yang mengalami keguguran di trimester pertama kehamilan.

Sekitar 765 pasangan mencoba hamil kembali dalam 3 bulan dan dari kelompok ini 77 persen berhasil hamil dan melahirkan bayi yang sehat.

"Setiap pasangan pasti membutuhkan waktu untuk memulihkan emosinya sebelum mereka mencoba untuk hamil lagi," katanya.

Kebanyakan wanita memang bisa hamil kembali tanpa perlu menunda lama setelah keguguran. Tetapi, yang harus dipersiapkan adalah juga faktor emosional. Apakah mereka mampu menghadapi kemungkinan keguguran berulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com