Kompas.com - 13/01/2016, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Pengalaman keguguran memang bisa menyebabkan kesedihan yang lama bagi calon ibu. Keputusan untuk hamil lagi sebenarnya bersifat sangat personal.

Para dokter bisa memberikan saran waktu yang ideal untuk mencoba hamil kembali, tetapi sebagian besar hal itu kembali pada pasangan kapan mereka siap.

Waktu tiga bulan untuk hamil kembali pasca keguguran kini tak lagi disebut sebagai waktu ideal, tetapi periode kesempatan untuk hamil kembali lebih besar.

Dalam sebuah survei, pasangan yang mengalami keguguran memang mayoritas mencoba untuk hamil kembali setelah tiga bulan.

"Banyak pasangan yang berkonsultasi berapa lama mereka harus menunggu sampai boleh mencoba hamil lagi. Tetapi berdasarkan data, wanita yang ingin mencoba hamil lagi dalam tiga bulan lebih besar peluangnya dibanding wanita yang menunggu lebih lama," kata Dr.Enrique Schisterman, yang melakukan studi ini.

Schisterman melakukan studi dengan mengikuti hampir 1000 pasangan yang mengalami keguguran di trimester pertama kehamilan.

Sekitar 765 pasangan mencoba hamil kembali dalam 3 bulan dan dari kelompok ini 77 persen berhasil hamil dan melahirkan bayi yang sehat.

"Setiap pasangan pasti membutuhkan waktu untuk memulihkan emosinya sebelum mereka mencoba untuk hamil lagi," katanya.

Kebanyakan wanita memang bisa hamil kembali tanpa perlu menunda lama setelah keguguran. Tetapi, yang harus dipersiapkan adalah juga faktor emosional. Apakah mereka mampu menghadapi kemungkinan keguguran berulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.