Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjalani Hidup Berkualitas dengan Kanker Paru-paru

Kompas.com - 25/01/2016, 07:25 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Tahu bahwa Anda menderita penyakit kanker, pasti tidaklah mudah. Ada banyak aspek kehidupan yang akan terpengaruh, mulai dari ekonomi, sosial, hingga motivasi hidup yang mungkin beranjak turun hingga nyaris mencapai titik terendah.

Perjuangan belum berakhir, selama Anda masih bernapas. Tetaplah bersemangat dan jalani kehidupan yang berkualitas. Inilah petunjuk dari William Blahd, MD, dokter dan konsultas situs kesehatan WebMD.

 

1. Dapatkan faktanya

Setelah Anda tahu apa yang terjadi, inilah saatnya Anda memegang kontrol. Benar! Jangan diam pasrah. Meski sulit, mencari tahu apa yang harus Anda jalani ke depan akan lebih baik daripada tidak tahu apa-apa sama sekali. Menjadi tahu adalah salah satu kunci keberhasilan kerjasama antara dokter dengan pasien.

- Tulis apa saja yang ingin Anda tanyakan ke dokter

- Catat penjelasan dokter sehingga suatu hari Anda membutuhkannya, Anda tinggal membaca catatan itu.

- Ajukan pertanyaan, apapun itu yang menurut Anda kurang masuk akal. Minta dokter menjelaskan sampai Anda benar-benar paham.

- Bawa seorang pendamping ketika berkonsultasi agar dia bisa ikut memahami apa yang terjadi. Seorang pendamping wajib tahu apapun tentang orang yang didampinginya agar bisa mengambil keputusan yang tepat jika dibutuhkan.

 

2. Istirahat

Kanker paru-paru dan pengobatannya, akan membuat Anda lebih mudah lelah. Tidurlah kapanpun tubuh Anda membutuhkannya. Anda berhak berkata tidak ingin menerima penjenguk, jika Anda ingin beristirahat. Jangan sungkan.

 

3. Makan yang sehat

Makanan yang sehat dan dalam jumlah yang mencukupi akan menyediakan energi yang Anda butuhkan untuk melawan rasa lelah. Makanlah, jangan menolak untuk makan, supaya Anda:

- Merasa lebih baik

- Punya cukup energi

- Mengurangi risiko infeksi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com