Kompas.com - 25/01/2016, 07:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tahu bahwa Anda menderita penyakit kanker, pasti tidaklah mudah. Ada banyak aspek kehidupan yang akan terpengaruh, mulai dari ekonomi, sosial, hingga motivasi hidup yang mungkin beranjak turun hingga nyaris mencapai titik terendah.

Perjuangan belum berakhir, selama Anda masih bernapas. Tetaplah bersemangat dan jalani kehidupan yang berkualitas. Inilah petunjuk dari William Blahd, MD, dokter dan konsultas situs kesehatan WebMD.

 

1. Dapatkan faktanya

Setelah Anda tahu apa yang terjadi, inilah saatnya Anda memegang kontrol. Benar! Jangan diam pasrah. Meski sulit, mencari tahu apa yang harus Anda jalani ke depan akan lebih baik daripada tidak tahu apa-apa sama sekali. Menjadi tahu adalah salah satu kunci keberhasilan kerjasama antara dokter dengan pasien.

- Tulis apa saja yang ingin Anda tanyakan ke dokter

- Catat penjelasan dokter sehingga suatu hari Anda membutuhkannya, Anda tinggal membaca catatan itu.

- Ajukan pertanyaan, apapun itu yang menurut Anda kurang masuk akal. Minta dokter menjelaskan sampai Anda benar-benar paham.

- Bawa seorang pendamping ketika berkonsultasi agar dia bisa ikut memahami apa yang terjadi. Seorang pendamping wajib tahu apapun tentang orang yang didampinginya agar bisa mengambil keputusan yang tepat jika dibutuhkan.

 

2. Istirahat

Kanker paru-paru dan pengobatannya, akan membuat Anda lebih mudah lelah. Tidurlah kapanpun tubuh Anda membutuhkannya. Anda berhak berkata tidak ingin menerima penjenguk, jika Anda ingin beristirahat. Jangan sungkan.

 

3. Makan yang sehat

Makanan yang sehat dan dalam jumlah yang mencukupi akan menyediakan energi yang Anda butuhkan untuk melawan rasa lelah. Makanlah, jangan menolak untuk makan, supaya Anda:

- Merasa lebih baik

- Punya cukup energi

- Mengurangi risiko infeksi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.