Kompas.com - 18/03/2016, 21:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ketika pertama kali bertemu dengan pasangan Anda, ada chemistry, ada gairah, dan ada intensitas seks yang sangat sering! Sekarang, melakukan hubungan intim seperti mengerjakan tantangan pekerjaan yang membosankan.

"Hampir semua hubungan melalui grafik turun, on-off, biasanya setelah 6 bulan sampai satu tahun pernikahan," kata terapis perkawinan di San Francisco, terapis Vanessa Marin.

Ada banyak alasan mengapa setelah waktu berlalu, libido jadi berkurang. Mulai dari sakit hingga kesibukan. Namun, yang jelas, seks itu menyehatkan.

Sebuah studi dalam jurnal Sex dan Marriage Therapy 2013 menemukan, bahwa wanita yang puas secara seksual, merasa lebih bahagia dan sejahtera daripada wanita yang tidak mendapatkan kepuasan yang sama.

Kenalilah hambatan-hambatan seksual yang mungkin sedang Anda alami, sehingga kebahagiaan itu bisa menjadi milik Anda kembali.

1. Anda sibuk dengan berbagai hal
Cucian dan setrikaan menumpuk dan Anda harus menyelesaikan semuanya, saat ini juga karena Anda tak selalu punya waktu membereskannya. Saat suami mendekat dengan sinyak ajakan bercinta, Anda berpikir, "Pekerjaanku banyak dan yang kamu pikirkan hanya urusan di tempat tidur."

Kita sering disibukkan oleh rutinitas sehingga merasa terlalu lelah untuk bercinta, kata Anita Clayton, MD, University of Virginia profesor bidang psikiatri di Amerika Serikat.

Lakukan ini: Terima fakta, bahwa cucian Anda tak akan ke mana-mana. Luangkan waktu setidaknya 20 menit untuk bermesraan dengan suami. Mungkin, setelah Anda "berdekatan" dengannya, suami akan dengan senang hati membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

2. Anda membiarkan stres menang
Dalam laporan American Psychological Association tahun 2014 mengatakan, wanita lebih rentan mendapat stres dibanding pria.

"Beberapa orang dapat menangani tekanan dan krisis dengan tenang dan penuh kasih," kata Stanley Ducharme, PhD, psikolog klinis dan terapis seks di Boston Medical Center.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.