Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Kalori yang Harus Dibakar Setelah Makan Pizza?

Kompas.com - 11/04/2016, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Healthland

KOMPAS.com - Sebelum memutuskan untuk makan sepotong pizza, pernahkah Anda berpiikir berapa banyak kalorinya? Kebanyakan orang mengabaikan jumlah kalori dari makanan yang mereka makan, padahal mereka merasa tak puas dengan bobot tubuhnya.

Tetapi, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk makan pizza jika tahu butuh 43 menit berlari untuk membakar kalori dari sepotong pizza tersebut.

Saat ini sedang dikembangkan gerakan pemberian label makanan yang bukan cuma mencantumkan kandungan gizinya tapi juga berapa menit aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk membakar jumlah kalori dari makanan tersebut.

Shirley Cramer, kepala eksekutif di Royal Society of Public Health, Inggris mengatakan, perlu cara yang berbeda dan lebih imajinatif untuk memberikan informasi kesehatan. Di samping menu makanan atau dalam kemasan, seharusnya diberi gambar berapa lama berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda jika Anda konsumsi makanan tersebut.

Minuman kopi moka misalnya, butuh 53 menit berjalan kaki, dan sekali menyantap blueberry muffin, butuh hampir setengah jam berlari.

"Kami ingin memikirkan cara-cara untuk membuat orang lebih mudah menentukan pilihan yang lebih sehat, atau setidaknya untuk memahami pilihan yang mereka ambil," kata Cramer.

Menurut sejumlah ahli dalam BMJ, cara tersebut dapat membantu memerangi tingginya masalah obesitas dan penyakit terkait kelebihan berat badan lainnya, seperti diabetes dan jantung.

Cara ini setidaknya membuat orang lebih memahami bagaimana kalori masuk ke dalam tubuh dan butuh cara menghilangkannya untuk tubuh lebih sehat. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerem keinginan makan berlebihan karena mengetahui junlah kalorinya sudah mencukupi.

Cara ini juga diharapkan mengajak orang rajin melakukan aktivitas fisik agar tidak ada penumpukan lemak setelah banyak makan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com