Kompas.com - 11/04/2016, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebelum memutuskan untuk makan sepotong pizza, pernahkah Anda berpiikir berapa banyak kalorinya? Kebanyakan orang mengabaikan jumlah kalori dari makanan yang mereka makan, padahal mereka merasa tak puas dengan bobot tubuhnya.

Tetapi, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk makan pizza jika tahu butuh 43 menit berlari untuk membakar kalori dari sepotong pizza tersebut.

Saat ini sedang dikembangkan gerakan pemberian label makanan yang bukan cuma mencantumkan kandungan gizinya tapi juga berapa menit aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk membakar jumlah kalori dari makanan tersebut.

Shirley Cramer, kepala eksekutif di Royal Society of Public Health, Inggris mengatakan, perlu cara yang berbeda dan lebih imajinatif untuk memberikan informasi kesehatan. Di samping menu makanan atau dalam kemasan, seharusnya diberi gambar berapa lama berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda jika Anda konsumsi makanan tersebut.

Minuman kopi moka misalnya, butuh 53 menit berjalan kaki, dan sekali menyantap blueberry muffin, butuh hampir setengah jam berlari.

"Kami ingin memikirkan cara-cara untuk membuat orang lebih mudah menentukan pilihan yang lebih sehat, atau setidaknya untuk memahami pilihan yang mereka ambil," kata Cramer.

Menurut sejumlah ahli dalam BMJ, cara tersebut dapat membantu memerangi tingginya masalah obesitas dan penyakit terkait kelebihan berat badan lainnya, seperti diabetes dan jantung.

Cara ini setidaknya membuat orang lebih memahami bagaimana kalori masuk ke dalam tubuh dan butuh cara menghilangkannya untuk tubuh lebih sehat. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerem keinginan makan berlebihan karena mengetahui junlah kalorinya sudah mencukupi.

Cara ini juga diharapkan mengajak orang rajin melakukan aktivitas fisik agar tidak ada penumpukan lemak setelah banyak makan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.