Kompas.com - 18/04/2016, 18:19 WIB
Ilustrasi pemeriksaan gula darah medicalstuteringIlustrasi pemeriksaan gula darah
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kadar gula darah yang terus menerus tinggi pada penyandang diabetes dapat merusak organ dan pembuluh darah. Kondisi ini bisa memicu kecacatan dan juga kematian dini.

Diabetes tipe 1 dan 2 diketahui bisa memperpendek usia sampai tiga tahun pada pasien berusia 50 tahun, atau lebih panjang lagi tapi mengalami kecacatan akibat komplikasi.

"Orang dengan diabetes menghabiskan waktu yang signifikan hidup dalam kecacatan," kata Dianna Magliano, kepala laboratorium diabetes dan kesehatan populasi di Australia.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi pada pembuluh darah dan memicu kehilangan penglihatan, gangguan gerak, serta amputasi. Kecacatan lainnya yang mungkin dialami namun tak terkait langsung diabetes adalah penurunan fungsi otak.

Kadar gula darah yang tinggi sebenarnya bisa dikendalikan dengan menjalani pola makan yang sehat, aktif bergerak, serta mengonsumsi obat-obatan. Sayangnya, hampir sebagian besar pasien tidak menyadari dirinya menderita diabetes.

Hampir 400 orang di seluruh dunia menderita diabetes. Di beberapa negara angka diabetes melonjak tajam seiring dengan peningkatan angka obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.