Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Intensif Satu Menit Ternyata Tetap Bermanfaat

Kompas.com - 02/05/2016, 19:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Ternyata tak perlu waktu banyak untuk sehat. Studi yang diterbitkan McMaster University di Hamilton, Ontario Kanada membenarkan hipotesis ilmuwan olahraga bahwa olah tubuh intensif dan singkat sama efektifnya dengan yang berdurasi lebih panjang.

Para ilmuwan sudah lama berspekulasi olahraga interval intensitas tinggi sama manfaatnya untuk kesehatan dengan olahraga intensitas sedang. Namun banyak studi belum mendukung teori ini.

Setelah merekrut 25 pria yang berbentuk tubuh tidak sehat, ilmuwan secara acak membaginya menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kontrol, yang tidak mengubah rutinitas olahraga. Kelompok kedua adalah yang menyelesaikan olahraga sepeda 45 menit. Kelompok ketiga adalah yang menyelesaikan latihan interval di sepeda.

Di akhir penelitian, kelompok kedua yang naik sepeda selama 27 jam dibandingkan dengan kelompok interval yang naik sepeda enam jam masing-masing dalam 36 menit olahraga intensif.

Ketika dibandingkan, mereka menemukan kesehatan kedua kelompok itu membaik secara identik. Kedua kelompok memiliki daya tahan 20 persen lebih baik dan resistensi insulin terlihat sangat membaik.

Mereka menyimpulkan bahwa kedua jenis olahraga itu sama bagusnya. Ketika ditanya jenis olahraga yang lebih bermanfaat, Martin Gibala yang mengawasi studi itu menjawab,"Jika Anda seperti saya, yang ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran tapi tak punya waktu 45 sampai satu jam untuk olahraga, data kami membuktikan Anda dapat meraih manfaat bahkan hanya dari satu menit olahraga intensif."

Jadi mereka yang tak punya waktu satu jam sehari untuk olahraga, latihan interval intensitas tinggi mungkin bisa jadi jawabannya. Bahkan ketika Anda menyediakan waktu untuk olahraga lebih lama, memvariasikan latihan satu hari tidak akan memperlambat kemajuan yang sudah dibuat atau dalam mencapai tujuan penurunan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com