Kompas.com - 03/05/2016, 18:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan banyak manfaat mengatur pola makan alias diet bagi orang yang kelebihan berat badan.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, manfaat diet dengan berpuasa tak hanya membuat tubuh lebih ramping, tetapi juga memengaruhi suasana hati, kehidupan seksual, hingga kualitas tidur.

Sebuah analisis dilakukan para ilmuwan terhadap 218 orang sehat yang mengutangi 25 persen kalori selama sekitar dua tahun. Mereka yang diet dengan berpuasa ini rata-rata mampu menurunkan berat badan sekitar 10 persen. Di sisi lain, peneliti melihat mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik setelah diet.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan, mereka yang berhasil diet memiliki suasana hati lebih ceria, kualitas tidur lebih baik setelah satu tahun diet, dan fungsi seksual lebih baik setelah dua tahun puasa.

Peneliti mengingatkan, penurunan berat badan tidak perlu instan atau secara drastis. Penurunan berat badan harus dilakukan perlahan dengan konsumsi makanan sehat secara teratur.

Corby Martin dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana mengatakan, banyak orang yang merasakan manfaat setelah berhasil menurunkan berat badan.

"Mereka merasa lebih mudah untuk bergerak, sakit pada persendian berkurang. Mereka merasa lebih baik," kata Corby.

Namun, Corby menyadari, mengurangi berat badan memang tidak mudah. Mereka harus melakukan diet jangka panjang untuk mendapat hasil yang baik dan tidak kembali berlebihan berat badan. Pola makan sehat pun memang seharusnya diterapkan seumur hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber time.com

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.