Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ada yang Lebih Cocok Bersahabat dengan Hewan ketimbang Manusia?

Kompas.com - 24/05/2016, 08:00 WIB

KOMPAS.com — Tak sedikit orang yang terang-terangan mengaku lebih cocok bersahabat dengan hewan ketimbang manusia. Pada hewan kesayangannya ini, mereka memercayakan hatinya.

Orang-orang terkenal seperti Marilyn Monroe mengatakan, "Anjing tidak pernah menggigit saya, hanya manusia," katanya. Bahkan, penyanyi Inggris Elton John memlih anjingnya sebagai pendamping pria (best man) pada hari pernikahannya.

Fakta seseorang yang lebih mencintai hewan peliharaannya ketimbang manusia di sekitarnya memang terkesan absurd. Terlebih lagi, kemampuan berpikir dan juga berkomunikasi anjing itu sangat terbatas.

Walau begitu, ada banyak keuntungan dari bersahabat dengan anjing. Misalnya saja, hewan kesayangan akan selalu ada untuk kita, tak mengenal kata bercerai. Anjing merupakan hewan yang terkenal sangat setia.

Anda yang memelihara anjing tentu selalu menantikan saat pulang ke rumah dan disambut gonggongan gembira dari si doggy di depan pintu.

Hewan-hewan lucu ini juga tidak munafik dan berpura-pura baik kepada kita, tetapi "menusuk" dari belakang. Tentu saja, mereka juga tidak pernah menilai kita. Penelitian juga mengungkapkan, pendengar yang tidak menghakimi bisa membuat kita lebih "plong" setelah bercerita.

Barangkali itu adalah sedikit dari alasan sebagian orang lebih percaya pada anjing kesayangannya. Pengalaman pernah dikhianati dan tidak mendapat respons yang diharapkan dari sahabatnya yang manusia mungkin jadi alasan terbesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com