Kompas.com - 05/06/2016, 15:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bersin, sakit tenggorokan, dan batuk-batuk bisa menjadi gejala awal penyakit pilek pada anak. Meski bukan penyakit berat, penyakit ini sering kali membuat orangtua khawatir. Agar tak salah langkah, berikut ini hal yang penting diketahui tentang common cold pada anak.

 

Penyebab pilek pada anak

Pilek atau common cold merupakan infeksi saluran pernafasan bagian atas. Kecuali pada bayi baru lahir, pilek pada anak-anak yang sehat umumnya tidak berbahaya.

Ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan anak sakit pilek, tetapi rhinovirus merupakan penyebab yang paling umum.

Sehingga antibiotik yang didesain untuk melawan bakteri, tidak akan meredakan batuk pada anak. Pilek biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 4 sampai 10 hari tanpa pengobatan. Cepat atau sebentarnya pilek, bergantung pada kekuatan imun.

 

Gejala umum pilek

Ketika anak terserang pilek, umumnya diawali dengan keluhan sakit kepala dan rasa tidak enak di tubuh. Gejala-gejala lainnya biasanya akan tampak setelah 1-3 hari anak terpapar virus:
- Keluar lendir menyerupai air dari hidung.
- Bersin-bersin.
- Mata berair.
- Perasaan lelah.
- Demam (kadang-kadang).
- Sakit tenggorokan.
- Batuk.
- Pilek yang perlu diwaspadai ialah yang memicu demam tinggi selama 2 hari, memicu sinus, radang tenggorokan, dan telinga. Anak juga mungkin terserang diare dan muntah-muntah.

 

Wajarkah bila anak sering pilek?

Anak-anak usia prasekolah bisa mengalami pilek sekitar sembilan kali dalam satu tahun, sementara anak-anak TK dapat terserang pilek sebanyak 12 kali dalam satu tahun. Remaja dan orang dewasa terjangkit sekitar dua sampai empat kali dalam setahun.

Pergantian musim atau musim penghujan yang berlangsung antara bulan September sampai April biasanya menjadi bulan paling banyak terjadinya kasus pilek.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.