Kompas.com - 19/06/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda tidak merokok dan hidup sehat. Harusnya, Anda merasa aman dengan itu. Tapi, jangan lega dulu. Pasalnya, ada beberapa hal yang mungkin ada di dalam keseharian Anda, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang sama dengan penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. Apa sajakah hal-hal tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

 

# 1: Duduk sepanjang hari.
Bahkan jika Anda berolahraga secara teratur, kebiasaan duduk untuk waktu yang lama, bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Menurut Alberta Health Services-Cancer Care di Kanada, gaya hidup tidak aktif terkait dengan hampir 160.000 kasus kanker payudara, kolon, prostat, dan kanker paru-paru setiap tahun.

Cara memerbaiki : Biasakan untuk mengambil waktu istirahat sejenak di kantor dan berjalan sebentar walaupun itu hanya membeli koran atau majalah, atau membacanya sambil berdiri.

Di rumah, tahan godaan untuk duduk bersantai di depan TV. Lebih baik berjalan-jalan singkat di sekitar rumah, atau beres-beres atau berlatih di gym.


# 2: Terlalu banyak makan daging dan keju.
Protein hewani mengandung banyak IGF-1, suatu hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker.

Sebuah studi dari University of Southern California yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menyatakan bahwa orang-orang yang diet tinggi protein hewani selama usia pertengahan, empat kali lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker, dibandingkan orang dengan diet rendah protein hewani. Risiko ini setara dengan risiko yang ditimbukan akibat kecanduan rokok.

Cara memerbaiki: Ganti protein hewani dengan sumber protein nabati. Penelitian yang sama menemukan bahwa diet tinggi protein nabati seperti kacang-kacangan, yang memiliki tingkat protein setara dengan beberapa daging, tidak memicu peningkatan risiko kanker.


# 3: Memasak dengan gas alam.
Kompor gas menghasilkan karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan formaldehid setiap kali Anda memasak makanan. Ketiga kontaminan ini juga terdapat pada asap rokok.

Sebuah studi pada Desember 2013 yang diterbitkan oleh Environmental Health Perspectives menyatakan, bahwa kadar ketiga kontaminan itu, melebihi kadar yang diperbolehkan oleh para ahli kesehatan, jika Anda menggunakan kompor gas secara teratur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.