Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2016, 21:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Pernah mengirim pesan atau gambar seksi ke pasangan? Bisakah Anda menebak berapa orang yang melihat pesan super pribadi itu? Rata-rata tiga orang melihat pesan itu, menurut jurnal Sexual Health.

Bukan hanya pria saja yang doyan pamer pesan pribadi itu ke teman-temannya. Peneliti Indiana State mensurvei 5.805 orang dewasa usia 21-75 tahun tentang kebiasaan mengirim pesan atau gambar pribadi yang disebut sexting itu. Ternyata hampir seperempat pernah mengirim dan sepertiga pernah menerima.

Angka itu mungkin lebih rendah mengingat studi sebelumnya menemukan lebih dari separuh orang dewasa di AS pernah mengirim pesan erotis. Angka itu lebih tinggi ditemukan pada orang muda.

Kendati sangat lazim, hampir semua merasa tak nyaman jika sexting itu diperlihatkan pada orang lain dan menyebut dampaknya terhadap kehidupan sosial, karier dan kesehatan mental.

Ternyata satu dari empat penerima sexting memperlihatkannya ke teman. Pesan pribadi itu rata-rata ditemukan ke 3 orang. Dengan begitu, pesan super pribadi jadi tak begitu pribadi.

Untuk mencegah hal seperti itu, pikir-pikir lagi sebelum mengirim gambar cabul ke pasangan. Peneliti menganjurkan mengirim pesan tulisan, bukan gambar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com